Berkat Bios 44, Kopda Johan Munthe Berhasil Tingkatkan Pertanian Poktan Tunas Maju

PENREM 032 – Dikalangan masyarakat Mentawai khususnya Kelompok Tani Tunas Maju Desa Bukit Pamewa Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai belum banyak yang mengetahui khasiat Bios 44.

Cairan Bios 44 manfaatnya beragam bisa untuk pertanian, perikanan, bahkan mencegah kebakaran hutan serta lahan gambut. Program tersebut di gagas oleh Komandan Korem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo untuk di kembangkan di setiap Kodim salah satunya Kodim 0319/Mentawai.

Pembinaan dalam pengunaan Bios 44 di kalangan poktan masih tergolong belum lama, namun setelah di kembangkan dengan membudidayakan  kolam ikan hasil panen ikan sangat memuaskan” kata Kopda. Johan Munthe.

Panen selanjutnya, Kopda. Johan Munthe kembali melakukan pendampingan sekaligus membantu panen ikan nila serta pemindahan bibit kolam ke kolam baru poktan Tunas Maju Desa Bukit Pamewa Kecamatan Sipora Utara.

Diakuinya, TNI tidak hanya identik dengan senjata, tetapi TNI itu siap membantu memajukan Pemerintah Daerah serta membantu masyarakat khususnya desa binaan dari Babinsa yang sudah ditugaskan setiap masing-masing wilayah, tuturnya.

Wakil Ketua Kelompok Tani Tunas Maju, Jumani  mengungkapkan, hasil panen ikan nila sangat memuaskan berkat adanya perangsang dari Bios 44, selain itu tak luput dari pendampingan Babinsa.

Sejak memakai Bios 44 perkembangan ikan nila semakin meningkat, bahkan kami semakin semangat dengan pembinaan yang di berikan babinsa” ucap Jumani saat ditemui di lokasi Poktan Tunas Maju”

Jumani mengakui setelah di kembangkan Bios 44 untuk pertanian dan perikanan petani sudah sangat antusias karena hasil produktivitas meningkat baik hasil pertanian maupun perikanan yang mereka kelola, ujarnya.

Dalam waktu  80 hari kelompok tani Tunas Maju desa bukit pamewa membuktikan hasil budidaya ikan nila ternyata meningkat” ucap Jumani.

Jumani selaku wakil ketua poktan tunas maju berharap program Bios 44 terus berjalan sedia kala, untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat, karena dampak bios 44 telah membuktikan hasil pertanian, tukasnya

About admpenrem032

%d blogger menyukai ini: