Breaking News

Implementasikan Peran TNI, Kodim 0312/Padang Ajak Pelajar dan Masyarakat Cerdas Hadapi Bencana Alam


Untuk mengimplementasikan tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, diantaranya melaksanakan bantuan kepada pemerintah daerah setempat dalam menanggulangi akibat bencana alam di daerah. Kodim 0312/Padang Korem 032/Wbr Kodam I/BB bersama BPBD Padang melaksanakan latihan simulasi penanggulangan bencana.

Komandan Kodim 0312/Padang Letkol Czi Rielman Yudha menyamoaikan bahwa latihan simulasi bencana tersebut, diikuti Komunitas Angkot Kota Padang, pelajar SD, SMP Yayasan Kartika Jaya dan masyarakat

“Ini kita simulasikan sebagai bentuk antisipasi,serta memberikan gambaran jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Melalui simulasi ini,masyarakat,pelajar dan Komunitas Angkot dapat mengambil langkah cepat dalam mengamankan bencana dan sesuai dengan UU NO 34 Tahun 2004 Pasal 7 bahwa TNI mempunyai Tugas Pokok yaitu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang dan salah satunya adalah dalam hal membantu menanggulangi akibat bencana alam, “‘ungkap Dandim.

Menurut perwira Abituren Akmil yang sebelumnya menjabat Danyon Zipur 2/Dhira Dharma ini, bencana bukan tanggung jawab salah satu instansi saja,simulasi ini merupakan persiapan masyarakat, kalangan pelajar dan para supir angkot serta pemilik angkot dan lainnya dalam menangani bencana, dikarenakan wilayah Kota Padang merupakan daerah yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

“Simulasi bencana ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta, agar dapat mencapai hasil optimal yang sangat berguna dalam rangka mengantisipasi kejadian bencana, khususnya bencana gempa dan tsunami. “sebutnya.

Latihan yang melibatkan pelajar di Sekolah di Jajaran Yayasan Kartika Jaya baik SD maupun SMP, masyarakat dan para sopir angkot yang tergabung dalam driver Saiyo Sakato Kota Padang, Jajaran Lantas Polrestabes Padang ini berjalan dengan semangat dan kerjasama seluruhnya berjalan sesaai dengan dinamika simulasi.

Lebih lanjut di jelaskan bahwa dalam kegiatan mitigasi bencana ini Kodim 0312/Padang berinisiatif melakukan kerjasama dengan pihak Angkot yang ada di wilayah Kota Padang untuk menjadi relawan kebencanaan, dengan cara membantu evakuasi masyarakat yang terkena gempa menuju ke zona aman Tsunami dan dalam waktu yang sempit masyarakat harus sesegera mungkin dievakuasi sebelum terjadinya Tsunami di Kota Padang, yang diperkirakan dalam waktu ± 20 menit setelah gempa di atas 8 skala ritcher Tsunami akan menyapu Kota Padang.

“Maka dari situ diharapkan sopir angkot juga harus sigap dan cerdas menghadapi bencana dan sangat dibutuhkan utk membantu evakuasi dalam waktu singkat menuju ke zona aman, dgn menggunakan rute terdekat”, tegasnya.

Selain itu Kodim 0312/Padang juga mendorong Pemerintahan Daerah melalui BPBD Kota Padang untuk bisa mensosialisasikan SOP kepada para Sopir Angkot bagaimana bertindak dalam situasi terjadinya bencana gempa yang berpotensi Tsunami.

” Diharapkan dengan menjadikan pemilik dan sopir Angkot di Kota Padang sebagai mitra dalam mengatasi bencana akan membuat tenang para pengunjung dari luar Kota Padang, karena mereka merasa terjamin keselamatannya dengan keberadaan angkot yang tersebar di seluruh Kota Padang, ” imbuh Dandim.

Sementara itu Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang hadir dalam pelkasanan Somasi tersebut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Komandan Kodim 0312/Padang atas inisiatifnya yang luar biasa menjelaskan bhawa ini suatu hal yang luar biasa dengan memerankan seluruh warga Kota Padang untuk peduli terhadap bahaya bencana dan mengerti bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi gempa, dan dukungan dari pemilik dan sopir angkot juga merupakan bahagian penting dalam hal menciptakan suasana kondusif saat menghadapi bencana”, tegasnya mengakhiri

0

User Rating: Be the first one !

About admpenrem032

%d blogger menyukai ini: