SAMBUT HUT RI KE 74 DAN HUT KOTA PADANG KE 350 KOREM 032/WBR ADAKAN KONTES ANGKOT MITRA BERSAMA SIAGA BENCANA

Penrem 032 – Lomba kontes dan ketangkasan driver angkot secara resmi dibuka oleh Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S I.P di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang,  Sumatera Barat, Rabu 7 Agustus 2019. Setelah beberapa waktu lalu komunitas angkot kota Padang ini dilibatkan dalam  latihan simulasi penanggulangan bencana sekaligus ditetapkannya Komunitas Angkutan kota (Angkot) Padang sebagai mitra dalam tanggap siaga bencana.

Event yang dilaksanakan ini atas  kerjasama KOREM 032/Wbr dengan Pemerintah Kota Padang  digelar dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI ke 74  dan HUT kota Padang yang ke 350. Peserta lomba dibatasi hanya 30 peserta lomba dengan berbagai macam jenis angkot masing masing dari PT/ CV yg ada di Kota Padang.

Dalam kesempatan ini Brigjen TNI Kunto menyampaikan bahwa keberadaan komunitas angkot ini  merupakan komponen daripada bangsa yang juga punya nilai strategis dan sangat dibutuhkan semua orang.

“ Kita butuh mereka sebagai sub bantuan penanggulangan bencana dan juga bisa menjadi media ataupun duta wisata dalam hal memajukan sektor pariwisata di Sumatera Barat ini “, ujar Danrem.

Pembinaan kedepan diharapkan disamping menjadi relawan bencana dan juga kemitraan dalam memediasikan wisata Sumbar, Komandan Kodim 0312/Padang Letkol Czi Rielman Yudha juga telah menyiapkan tempat untuk kumpul sharing untuk mewadahi akan keberadaan dari komunitas angkot ini.

Ketua Aliansi Angkot Kota Padang Saiyo Sakato Bapak Fauzan  berterima kasih kepada Danrem serta sangat mengapresiasi akan kegiatan yang dilaksanakan ini sehingga bisa mengarahkan supir untuk peduli akan bencana serta dapat berkelakuan baik dalam hal tertib lalu lintas.

Kami merasa sangat bangga dengan dilibatkan supir angkot dalam hal peduli bencana karena selama ini tidak ada yg mengajak dan melibatkan kami, padahal angkot di Kota Padang ini sangat banyak dan bisa membantu dalam hal evakuasi apabila terjadi bencana”, ujarnya.

Demikian pula tanggapan dari Tokoh Masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Prof. Zaitul Ikhlas menyampaikan bahwa Pameo yang selama ini di dengar mengenai kata Angmadabana dalam bahasa daerah kesannya adalah negatif tetapi dengan kearifan Danrem 032/Wbr  beserta Dandim 0312/Padang  dapat membalikan Pameo tersebut dari negatif menjadi positif menjadi Angkot Manunggal Daerah Bencana.

“ Selama ini kalau bicara angkot pasti berkaitan dengan masalah, tetapi dengan kearifan Bapak Danrem angkot dijadikan potensi yang dapat menunjang banyak hal. Kontes itu biasa tetapi yang paling penting adalah nilai edukasi yang dimiliki dari kontes tersebut ”, ungkapnya.

Dalam kontes angkot ini kriteria penilaian dibagi dalam dua kategori diantaranya adalah kategori kelengkapan administrasi kendaraan (SIM, STNK KIUR, Izin Trayek, Kotak P3K, Segitiga pengaman) serta  kategori  ketangkasan dan kelengkapan ( Kelayakan dan kerapihan, Starter, Pintu kendaraan, Fungsi kaca spion, Lampu dan klakson, Aksesoris juga Skill sopir/driver). Dimana setiap kategori dari panitia telah menyiapkan hadiah untuk Juara 1 sebesar Rp 4.000.000 , Juara II sebesar Rp 2 500.000 dan Juara III sebesar Rp 1.500.000 + piagam dan tropy.

Dalam acara ini Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyempatkan diri mencoba mengendarai salah satu angkot peserta kontestan dengan mencobanya memutari lapangan Imam Bonjol.

Mengiringi kegiatan ini juga digelar demontrasi beladiri dari Yonif 133/YS dan demontrasi tali kolosal  dari Kodim 0312/Padang serta pameran STAN dari Kodim Se-jajaran Korem 032/Wbr dengan hasil berbagai produk pertanian menggunakan BIOS 44, Stan UKM dari Dinas Pariwisata, Dinas perdagangan,  BPBD, BNI, BRI, Tagana, kuliner,  Stan Yamaha dan lain lain.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem beserta Para Kasi Korem 032/Wbr, Para Dandim, Ka Basarnas Provinsi Sumbar, Ka BPBD Kota Padang, Ka Lapas Kelas II A Padang,Tokoh Masyarakat serta para tamu undangan.

Usai pelaksanaan upacara pembukaan dilanjutan dengan pemasangan Stiker Lomba  Angkot dan penandatanganan MoU serta  pemberian piagam kepada Sopir Angkot. 

Direncanakan  kontes angkot akan ditutup hari ini secara simbolis oleh Walikota Padang,  H. Mahyeldi Ansharullah, SP sekaligus penyerahan hadiah  pemenang pada pukul 16.30 Wib.

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …