Breaking News

Cukup Berat Berpisah Dengan Bapak TNI, Isak Haru Warnai Pelepasan Satgas TMMD/N Ke-105

Penrem 032 – Program Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) di Jorong Sungai Puar telah resmi ditutup oleh Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P setelah selama satu bulan satgas TMMD/N ke -105 bersama sama warga bahu membahu melaksanakan pembangunan yang diprogramkan. Tiba saatnya para prajurit harus kembali ke kesatuan dimana mereka harus menjalankan tugas sehari-hari sebagai prajurit TNI,

Namun di balik itu semua, ada hal yang berkesan dan membuat sedih terutama bagi warga yang rumahnya ditempati satgas selama kegiatan TMMD/N berjalan. Hubungan yang pada awalnya terasa biasa, lambat laun membuat kedekatan tersendiri bagi warga yang terasa sudah seperti sebuah keluarga.

Diwarnai dengan tangis haru sejumlah warga Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam tampak terlihat pada saat pelepasan anggota Satgas TMMD/N Kodim 0304/Agam,     Kamis (8/8/2019).

Salah satunya adalah Mak Ita,  seorang warga Jorong Sungai Puar yang juga sudah dianggap sebagai Ibu angkat oleh Satgas TNI selama berada di lokasi menyampaikan perasaannya karena telah menganggap para anggota Satgas TMMD/N Kodim 0304/Agam itu  sudah seperti keluarga sendiri,sudah  menjadi bagian dari  warga Nagari Sungai Puar.

“ Cukup berat harus berpisah dengan Bapak TNI  karena sudah sebulan penuh berkumpul, sudah seperti keluarga sendiri. Kami merasa kehilangan sekali atas kepergian para bapak-bapak TNI, tapi harus bagaimana lagi, saya ucapkan beribu terima kasih karena sudah banyak yang diperbuat  untuk  Nagari Sungai Puar selama TMMD/N berlangsung “, ungkap Mak Ita.

Lain lagi yang di ucapkan oleh Amlisnar ( 65 Th), salah satu warga yang rumahnya juga ditempati oleh satgas TMMD/N

“ Bapak TNI selama berada dirumah kami  sudah saya anggap sebagai keluarga sendiri, dan juga sudah saya anggap sebagai anak saya sendiri. Tetapi harus bagaimana, mereka disini hanya manjalankan tugas sebagai abdi negara. Setelah tugasnya selesai  tentu harus kembali ke kesatuannya “, berkata Amlisnar sambil berlinang air mata.

“ Selama berada dirumah kami mereka sudah kami anggap sebagai anak sendiri, dan mereka saya lihat juga sudah seperti ke orang tuanya sendiri. kemana-mana saya di temani dan apa yang akan saya kerjakan mereka selalu mengerjakan terlebih dahulu.  Saya tidak boleh mengerjakan apa-apa, termasuk memasak nasi dan membuat sambal buat makan. Tapi pada saat ini mereka harus meninggalkan kami dan harus kembali ke tempat tugasnya kembali. Kami merasa kehilangan sekali. Mudah-mudahan hubungan silaturahmi kita tetap selalu terjaga ”, tambah mak Amlisnar.

Ditempat terpisah hal yang sama juga dirasakan oleh Walinagari  Nagari Sungai Puar Nofiardi Tk.Sutan.  Dia merasa kehilangan dengan kembalinya para Prajurit TNI tersebut ke kesatuannya.

“ Walau dengan berat hati kita masyarakat Sungai Puar melepas  Satgas TMMD/N Kodim 0304/Agam kembali ke kesatuannnya, tetapi kita juga harus menyadari bahwa masih banyak tugas besar yang telah menunggu dan harus diselesaikan oleh para prajurit tersebut. Saya atas nama Warga Sungai puar sangat berterima kasih sekali atas bantuan yang telah Bapak TNI berikan pada Nagari kami ”,  ungkap Wali Nagari.

Kesedihan yang sama juga dirasakan oleh anggota Satgas TMMD/N Kodim 0304/Agam. Seperti apa yang diungkapkan oleh Serda Alan dari Yonif 131/Braja Sakti.

“ Cukup berat untuk meninggalkan Nagari Sungai Puar, namun seberat apapun perpisahan itu harus terjadi.  Apa yang kami lakukan merupakan tindakan humanis dalam menjaga hati rakyat, tidak menyakiti hati rakyat dan menjadi teman rakyat sebagai seorang prajurit TNI, karena tugas lebih besar sudah menunggu di kesatuannya masing-masing “, ungkap Serda Alan.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, setelah satu bulan lebih bertugas di suatu daerah pasti banyak kenangan dan kesan-kesan yang akan dirasakan oleh setiap prajurit. Tetapi pada saatnya para prajurit TNI itu harus kembali ke kesatuan dan menjalankan tugas lain yang telah menunggu. Semoga apa yang telah dilakukan selama bertugas  dapat bermanfaat bagi warga yang ditinggalkan.

SALAM TERITORIAL

BERSAMA RAKYAT TNI KUAT

About admpenrem032

%d blogger menyukai ini: