DANREM 032/WBR JADI TAMU KEHORMATAN HUT RI KE 74 DI MENTAWAI

” Sila Ketuhanan yang Maha Esa dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia “. Bagaimana cara kita mewujudkan landasan tersebut, bersatu dalam keberagaman yang berujung pada keadilan. Demokrasi bukan tujuan, hanya suatu cara,” ujar Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo saat memberikan kata sambutan pada upacara pembukaan Dirgahayu RI ke 74 di Aula Sekretariat Daerah, desa Tuapejat kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (17/8/2019).

Penrem 032 –  Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan bahwa sesuai tema peringatan HUT ke 74 RI tahun 2019 yakni SDM unggul Indonesia maju, para pemimpin daerah dan seluruh stakeholder perlu merenungkan kembali landasan Pancasila.

Bahwa dalam mengimplementasikan kewaspadaan, ketahanan nasional, dan wawasan kebangsaan, harus mampu mencari solusi dari suatu masalah.

“Bagi kami ketahanan nasional harus dilandasi dengan kemanunggalan, simbiosis mutualisme, dan jaminan. Ini yang terus kita lakukan dan himbau “

Menurutnya, memiliki relasi dan wawasan luas dapat membantu menyelesaikan persoalan tepat sasaran.

“Kalau kita tidak menganalisa / mencari sumber persoalan, dan tidak percaya pada orang kita sendiri mustahil masalah bisa diselesaikan,” ungkapnya

Salah satunya persoalan status 3T di Mentawai. Menurutnya, status 3T merupakan tantangan bagaimana masyarakat harus bisa memfilter pengaruh dari luar, tangguh, dan mampu membangun kekuatan sendiri.

“Jangan hanya menciptakan hal baru, memberi kesan ekslusif, tetapi tidak bisa menghandle (menangani),” Terang Danrem.

Ia berharap adanya pengkaderan pada generasi penerus dan generasi muda mau belajar pada orang yang sudah banyak pengalaman dan saling menghargai.

Sementara pada saat bersamaan, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan bahwa untuk mengentaskan status 3T salah satunya dengan mempercepat pembangunan Trans Mentawai.

“Menuju kemerdekaan sejati kita harus semangat berupaya memperbaiki dan meningkatkan taraf pendidikan kesehatan, dan ekonomi. Termasuk menuntaskan kemiskinan, dan buta huruf,” kata Yudas.

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *