KOREM 032 SIAPKAN YONIF 133/YUDHA SAKTI JAGA PERBATASAN RI-MALAYSIA

Satgas Pamtas Yonif 133/YS

Penrem 032 – Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti lakukan latihan penyiapan Pratugas dalam rangka Operasi Pengamanan Perbatasan (Ops Pamtas) RI- Malaysia.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad selaku Irup yang mewakili Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief  Wibowo, S.I.P pada upacara  pembukaan  latihan penyiapan Pratugas Operasi Pamtas Darat RI-Malaysia Satgas Yonif  133/YS, Senin  (26/8)  di Lapangan Yonif 133/YS, Air Tawar Padang, Sumatera Barat.

Danrem 032/Wbr dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 032/Wbr menyampaikan bahwa kegiatan latihan penyiapan pratugas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan  Prajurit Yonif 133/Yudha Sakti untuk melaksanakan tugas pengamanan perbatasan  darat RI-Malaysia secara berhasil dan berdaya guna.

Seluruh prajurit yang tergabung dalam latihan penyiapan pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan ini nantinya akan dibekali dengan berbagai macam materi meliputi kemampuan taktik dan teknik bertempur, kemampuan binter, kemampuan intelijen dan hukum yang sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP).

Pemeriksaan Pasukan Oleh Kasrem 032/Wbr

Untuk itu, keempat kemampuan tersebut harus terintegrasi dengan baik secara perorangan maupun satuan, sehingga Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti berangkat ke daerah operasi dengan kepercayaan diri yang tinggi dan tidak ada keraguan dalam berpikir dan bertindak.

Setelah kegiatan upacara pembukaan latihan, Danrem 032/Wbr  juga memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit Yonif 133/Yudha Sakti. Dalam pengarahannya, Danrem menekankan kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Yonif 133/Yudha Sakti agar benar-benar melaksanakan kegiatan latihan ini, pedomani dan yakini bahwa latihan itu penting.

Pengarahan Dari Danrem 032/Wbr

Lebih lanjut disampaikan oleh Danrem bahwa operasi perbatasan itu punya ciri khas sendiri, istilahnya “Frontier” (orang terdepan). Untuk itu, maka setiap prajurit  yang nantinya melaksanakan tugas Ops Pamtas ini harus pintar dan cerdas dalam menjaga perbatasan, jaga kekompakkan,koordinasi yang baik dengan aparat setempat sehingga batas kedaulatan Bangsa dan Negara dapat terjaga dengan baik.

Kegiatan latihan yang dilaksanakan selama 3 minggu ini, untuk medan latihan yang disiapkan akan dibuat dan disesuaikan semirip mungkin dengan situasi serta kondisi yang ada di daerah operasi perbatasan nantinya, sehingga pelaku latihan memiliki gambaran situasi operasi didaerah yang sesungguhnya.

Upacara pembukaan penyiapan latihan pratugas ini diikuti oleh para perwira, bintara, tamtama, pelatih, tim pendukung, serta seluruh jajaran anggota Yonif 133/Yudha Sakti.

Turut hadir, para Kasi rem 032 dan juga para Dansat Kabalak di jajaran Korem 032/Wbr. Bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Mayor Inf Jaya Sandana Sinulingga (Wadanyonif 133/YS).

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *