Satgas TMMD Kodim 0306/50 Kota Edukasi Petani Kopi Ilmu Pengolahan Kopi Menjadi Berkualitas Tinggi.

Penrem 032 – TNI Manunggal Membangun Desa atau sering kita kenal dengan TMMD adalah suatu wujud Operasi BHAKTI TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan instansi pemerintahan serta komponen bangsa lainnya. Tidak hanya fokus  pada pelaksanaan kegiatan fisik atau infrastruktur saja, tetapi juga pemberdayaan masyarakat turut menjadi prioritas dalam agenda tahunan program TMMD.

Seperti halnya TMMD ke 106 yang digelar Komando Distrik Militer 0306/50 Kota di Nagari Situjuah Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah Limo Nagari di hari ke 7  pada Selasa (8/10) pagi

Dikatakan oleh Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Solikhin, salah satu kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan prajurit TNI tersebut  seperti pengolahan biji kopi menjadi biji kopi berkualitas tinggi. Para petani kopi di Kenagarian Situjuah Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota dibekali dengan penyuluhan singkat mengenai pengolahan biji kopi menjadi berkualitas tinggi.

“Sebagai rangkaian dari program non fisik TMMD ke 106 diwilayah Kabupaten 50 Kota, kita juga memberikan bimbingan teknologi terhadap kelompok tani tentang pengolahan biji kopi menjadi biji kopi yang memiliki kualitas tinggi,” terang Letkol Kav Solikhin Dandim 0306/50Kota melalui Komandan Satuan Setingkat Kompi Satgas TNI TMMD ke 106 Kapten Czi Alseprizal.

Bimbingan teknis tersebut digelar di aula Kantor Walinagari Situjuah Ladang Laweh yang diikuti oleh sejumlah kelompok tani. Penyuluhan tersebut turut menghadirkan narasumber Ir. Nin Patri Enati, MP dari Kampus Politeknik Pertanian Payakumbuh.

Penyuluhan yang diberikan kepada 35 orang dari kelompok tani ini difokuskan tentang teknologi pengolahan buah kopi yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani. Hasil olahan kopi nantinya bisa dijadikan kopi bubuk murni, kopi 3 in 1, kopi capucino dan kopi mocca,” ucapnya.

Tidak hanya memberikan penyuluhan tentang pengolahan biji kopi saja, Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang bertugas di Situjuah Limo Nagari yang masuk ke wilayah teritorial Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Luhak, Serma Wahidi dan Sertu Junaidi juga memberikan penyuluhan tentang pengolahan lahan untuk meningkatkan pH tanah dengan menggunakan dekomposer Bios 44 yang selama ini telah teruji kualitasnya. (Pen)

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *