Sosialisasi Bios 44 Kodim 0309/Solok Untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian Di Wilayahnya

Korem 032 – Untuk membantu petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayahnya, Kodim 0309/Solok melalui Koramil 01/Kubung sosialisasikan penggunaaan BIOS 44 kepada seluruh PPL pertanian se kota Solok Kab Solok , Sumatera Barat. Senin (4/11).

Kegiatan Binter terpadu ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada anggota PPL pertanian agar dapat meningkatkan produk pertanian, perikanan, dan peternakan secara singkat dengan hasil produktifitas yang luar biasa.

Sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0309/Solok Mayor Inf Hendra Bagus Arioko tersebut menyampaikan bahwa Bios 44 ini  merupakan penemuan dari Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dan mulai dikembangan dari Korem Gapo  Palembang, Sumatra Selatan pada saat beliau menjabat Danrem disana. 

Bios 44, lanjut Kasdim, merupakan perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan. Fungsi awalnya untuk memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada pada lahan gambut dalam tempo tertentu.

“Setelah diketahui Bios 44 mampu membuat lahan gambut tidak mudah terbakar, maka itupun dikembangkan. Sehingga, digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur. Bahkan Bios 44 ini  bisa digunakan mengembangkan budi daya perikanan,peternakan dan mengembalikan tanah bekas tambang atau lahan terbengkalai menjadi lahan bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Serma Julemento yang selama ini melakukan pendampingan terhadap para petani. Menurut Serma Julemento, hal ini salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri sebagai Tentara Rakyat melalui tindakan nyata dan pendekatan teknologi tepat guna.

Dikatakan olehnya bahwa selama ini petani menjerit akibat harga pupuk yang melambung tinggi yang mengakibatkan petani  banyak yang tidak melakukan pemupukan terhadap tanamannnya  dan berdampak terhadap penurunan produksi pertanian.

Kita (TNI) ingin membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian mereka, dengan Bios 44 sebagai pengganti pupuk yang dapat menyuburkan tanah dan meningkatkan produksi pertanian, penggunaannya juga praktis karena berupa cairan dan sudah banyak terbukti,” jelas Serma Julemento.

Bios 44 ini sangat banyak membantu para petani di Sumbar. Sekarang ini banyak yang sudah menggunakannya. Terangnya menambahkan.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: