Pangdam I/BB Lepas 450 Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/Yudha Sakti

Korem 032 – Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI MS. Fadhilah melepas secara resmi Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri 131/Yudha Sakti Korem 032/Wirabraja ke wilayah Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Dermaga A PT. Pelindo I Dumai. Senin (25/11)

Satgas yang beranggotakan 450 prajurit ini akan menggantikan tugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kian Santang Kodam III/Siliwangi yang sudah terlebih dahulu bertugas mengamankan wilayah perbatasan selama sembilan bulan belakangan.

Seluruh personel Yonif 133/Yudha Sakti  diberangkatkan menggunakan KRI Teluk Hading dari Dermaga A Pelindo Dumai dan akan menempuh perjalanan selama tiga hari sampai ke Kalimantan Barat.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS. Fadhilah dalam arahannya mengatakan, dalam melaksanakan tugas sebagai satuan pengamanan perbatasan, personel harus mampu melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan di daerah perbatasan.

“Untuk itu kami berharap kalian mampu menunjukkan prestasi yang gemilang dan terbaik, penampilan sikap dan perilaku positif sehingga kehadiran kalian akan dapat diterima dan mendapat pengakuan dimanapun kalian berada untuk mengawal menjaga dan mengamankan keutuhan NKRI,” katanya.

Lanjutnya, menjadi personel yang terpilih sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan. “Laksanakan tugas dengan gembira dan hati yang tulus,” pesannya.

Pangdam juga berpesan, satuan tugas pengamanan perbatasan agar memahami kultur masyarakat perbatasan, hargai adat istiadat maupun kearifan lokal sehingga terjadi hubungan yang harmonis tanpa melupakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Hal penting lainnya yang perlu personil pahami, bahwa mereka harus mampu mengendalikan diri dengan tidak melanggar hukum dan hak asasi manusia sekecil apapun Saya yakin dan percaya dengan apa yang telah kalian peroleh selama latihan di Home base dapat melaksanakan tugas dengan baik dan berhasil,” tegas Pangdam.

Usai upacara pemberangkatan, dilanjutkan dengan upacara tradisi penyerahan bendera Perang Yonif 133/YS kepada Danyonif 133/YS Mayor Inf Hendra Cipta serta pemberian tepung tawar kepada seluruh Prajurit Yonif 133/Yudha Sakti yang akan berangkat melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat oleh Pangdam I/BB, Danrem 032/WBR, Danrem 031/WB, para pejabat utama Kodam I/BB, pejabat utama Korem 032/WBR dan Korem 031/WB.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Danrem 032/WBR Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Danrem 031/WB Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Para Asisten Kasdam I/BB, Kasrem 032 Kolonel Inf Edi Nurhabad, Para Kasi Korem 032/WBR dan Korem 031/WB, Walikota Dumai yang diwakili oleh Asisten II bidang perekonomian Kota Dumai, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 032 PD I/BB beserta pengurus, Ketua Persit Koorcab Rem 031  PD I/BB beserta pengurus, Ketua Persit KCK CAB LXXV Kodim 0320/Dumai beserta pengurus, Danlanal Dumai, Dandim 0320/Dumai  031/WB, Dandim 0321/Rohil, Ketua DPRD Kota Dumai, Kapolres Dumai, Ketua Pengadilan Agama, GM. PT Pelindo I Dumai, GM. PT Pertamina Ru II Dumai, GM. PT. Wilmar Group 031/WB, para Veteran, Ormas serta tamu undangan.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: