Breaking News

Latgulbencal Korem 032/Wbr Simulasikan Penanganan Dan Evakuasi Korban Tsunami

Korem 032 – Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) yang dilaksanakan Korem 032/Wirabraja memasuki hari keempat. Pada hari ini kegiatan latihan difokuskan melakukan  materi simulasi penanganan dan evakuasi korban banjir (Tsunami) yang dilaksanakan di pantai Padang Taplau, Kota padang Sumbar, Kamis (5/12).

Kegiatan ini mensimulasikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanganan dan evakuasi korban mulai dari embarkasi materiil dan personel, seperti keadaan yang sebenarnya.

Dijelaskan oleh Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo yang meninjau langsung kegiatan simulasi ini mengatakan bahwa kegiatan ini mensimulasikan penanganan korban banjir (Tsunami) didaratan maupun perairan dengan  mengutamakan unsur unsur internal satuan pelaksana, satuan teknis yang dibantu oleh unsur terkait.

“Kegiatan ini untuk mendriilkan, membiasakan dan membisakan prajurit dalam rangka upaya penanggulangan bencana bersama pemerintah daerah, sehingga kita tahu sambil mengevaluasi kebutuhan dan kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki atau diperbaharui”, terang Danrem.

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan, merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun satuan Korem 032/Wirabraja dalam mengantisipasi bahaya bencana alam.

Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan operasi bantuan dalam menangani penanggulangan bencana alam. (Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: