Binter Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 133/YS Kembali Menerima Senpi Dari Masyarakat

Korem 032 – Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 133/YS dalam melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) berhasil mendapatkan simpati dari masyarakat. Terbukti, Satgas Yonif 133/YS kembali menerima senjata api (Senpi) dari masyarakat di daerah Dusun Belubu Desa Nanga Bayan, Rabu (11/12).

Kegiatan binter yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 133/YS dibawah pimpinan Dan SSK III Lettu Inf Liber beserta 3 orang anggotanya menimbulkan hubungan kekeluargaan dan kerja sama yang baik dengan masyarakat setempat sehingga mendapatkan 1 pucuk senjata api rakitan jenis Lantak yang diserahkan atas inisiatif sendiri tanpa ada unsur paksaan dari personel Satgas.

 

Adapun senjata yang didapatkan merupakan milik Bapak Lait (68) dengan pekerjaan sebagai petani di Dusun Belubu Desa Nanga Bayan Kec. Ketungau Hulu Kab. Sintang Prov. Kalbar, pada saat penyerahan senjata dengan alasan jaminan rasa aman, sekaligus menyampaikan tentang masalah kepemilikan senjata api itu berbahaya baik sendiri maupun keluarga, apalagi tanpa izin termasuk illegal.

Kronologis kejadian penyerahan senjata ini, pada saat sebanyak 3 orang anggota dipimpin oleh  Lettu Inf Liber melaksanakan Anjangsana dan Bhakti TNI berupa Homecare/Pengobatan ke rumah-rumah di Dusun Belubu Desa Nanga Bayan Kec. Ketungau Hulu Kab. Sintang Prov. Kalbar pada hari Rabu 11 Desember 2019 pukul 10.00 Wib.

Kemudian Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 133/YS melanjutkan pelayanan kesehatan dengan berkunjung  kerumah salah satu warga yang bernama Bapak Lait yang merupakan Tokoh Adat kampung Dusun Belubu, beliau mengalami penurunan kesehatan dengan keluhan yang dirasakan batuk, sesak nafas, tensi tinggi kemudian Sertu Yudha yang bertugas sebagai Bakes Koki SSK III melakukan pengecekan kesehatan dan memberikan terapi pengobatan.

Setelah selesai memberikan pelayanan kesehatan sebagai ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan, Bapak Lait menyerahkan senjata api yang dimiliki dengan jenis Lantak kepada Satgas Pamtas RI-MLY dengan ikhlas tanpa ada unsur paksaan kepada Lettu Inf Liber selaku Dan SSK-III Pos Koki Nanga Bayan.

Saat ini senjata api tersebut telah diamankan di Pos Koki SSK III Pamtas RI-MLY Yonif 133/YS Nanga Bayan.

“Kami berharap agar masyarakat lain yang masih memegang ataupun menyimpan senjata  dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh Bapak Lait, karena kepemilikan senjata api tanpa izin adalah suatu tindakan illegal dan dapat menimbulkan korban jiwa apabila disalahgunakan”, ujar Dan SSK III Lettu Inf Liber. (Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: