Breaking News

Patroli Sampah Antisipasi Musibah Banjir

Korem 032 – Peran tentara tak hanya berlatih dan bertempur untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saja, tapi peduli dalam menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan sehat juga menjadi bagian tugasnya.

Maka dari itu, kala musim penghujan tiba diwilayah Sumatera Barat saat ini, Komandan Korem 032/Wbr Brigjen  TNI Kunto Arief Wibowo pun turun langsung ke lapangan melakukan patroli sampah sembari mengajak warga masyarakat untuk peduli dan selalu menjaga lingkungan tempat tinggalnya, Kamis (12/12).

Musim penghujan selain membawa berkah tapi kadang membuat musibah apabila kita tidak  peduli akan lingkungan. Musibah yang dimaksud adalah adanya genangan air di jalan maupun yang terjadi di selokan sekeliling tempat rumah kita.

Bersama dengan para staf Korem, Danrem mengajak dan menghimbau warga untuk melaksanakan pembersihan lingkungan yang masih kelihatan kotor dan kumuh serta pembersihan rumput dan sampah sampah lainnya yang berada di kiri kanan jalan  setempat.

Selain itu pembersihan terhadap titik-titik genangan air juga menjadi prioritas. Terutama membersihkan saluran agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menimbulkan genangan, sehingga lingkungan tempat tinggal benar-benar bersih dan aman dari tempat bersarangnya nyamuk. Apalagi sekarang ini kita saksikan jalan raya lebih rendah dari pemukiman penduduk, akibatnya air menggenang di jalan.

“Penyebabnya adalah selokan hampir disetiap jalan rusak, sempit bahkan tidak ada selokan.Inilah penyebab terjadinya genangan air di jalan. Kalau jalan aspal tergenang air, tunggulah saat kehancurannya. Untuk itu mari kita peduli terhadap lingkungan kita”,Terang Danrem disela sela kegiatan.

“Lingkungan yang bersih akan membuat penduduknya nyaman tinggal didalamnya. Lingkungan yang kotor dan kumuh tidak baik bagi kesehatan, sebab udara yang dihirup di lingkungan yang seperti itu sudah tidak sehat lagi dan hal itu sangat berdampak pada kesehatan dan jelas akan menjadi terganggu,” ungkap Danrem menambahkan.

Kepada jajarannya Danrem juga menekankan khususnya para Babinsa yang setiap saat ada dilapangan harus selalu aktif membina warga binaannya agar mau peduli dengan kebersihan lingkungan , jangan membuang sampah sembarangan, juga mau saling memperingatkan sesama warga yang lainnya agar nantinya menjadi lingkungan yang sehat, asri dan mencegah timbulnya bencana yang lebih besar.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: