Pembangunan Pos Koramil Wujudkan Ketahanan Di Daerah Kamang Baru

Korem 032 – Masyarakat Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat yang mengharapkan adanya Koramil di daerahnya bakal segera terwujud. Harapan ini timbul mengingat lokasi mereka yang merupakan daerah perbatasan antara Provinsi Sumbar dan Provinsi Riau ini, apabila akan   berurusan ke kantor Koramil harus ke Tanjung Gadang yang berada kurang lebih  40 Km dari daerah tersebut.

Hal ini ditandai dengan kunjungan Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dan rombongan yang meninjau langsung ke lokasi rencana pembangunan Koramil tersebut didampingi oleh Dandim 0310/SS serta tokoh masyarakat Kamang Baru, Senin (16/12).

Pada kunjungan tersebut, Danrem mengucapkan rasa terima kasih kepada tokoh masyarakat Kamang Baru yang mempunyai keinginan untuk terwujudnya pembangunan Koramil ini dan sudah memiliki kesadaran tinggi untuk nilai keamanan serta mewujudkan ketahanan di daerah Kamang Baru.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tokoh tokoh masyarakat yang mempunyai keinginan seperti ini. Dilihat dari situasi yang ada di daerah perbatasan Sumbar Riau ini memang  Koramil belum ada. Koramil ini nantinya merupakan daerah yang strategis dan kebetulan daerah ini merupakan perbatasan dan lintasan antar provinsi sehingga cukup memiliki nilai  strategis dan potensi yang sudah terjawab dengan adanya masyarakat memberikan tempat ini”, ungkap Danrem.

“Bagi kita nilai strategis itu menjadi potensi karena komponen masyarakat dan letak geografis bisa ketemu. Mungkin selama ini kita mengkaji dari strategis dan geografinya kurang memadai kemudian aspek dari masyarakat belum semuanya, tetapi di daerah ini tempat strategis dan geografi serta komponen masyarakatnya sudah terjawab”, Jelas Danrem menambahkan.

Sementara itu, sebidang tanah yang dihibahkan oleh Syahbudin Datuak Sinaro atau yang akrab disebut Datuak Abu sangat menantikan untuk terwujudnya pembangunan pos Koramil tersebut.

“Selama ini kantor Koramil bahkan pos pos keamanan belum ada disini. Besar harapan kami kedepannya kalau ada koramil disini tindakan kejahatan bisa dijauhkan. Kantor Koramil di daerah kami yang berada di Tanjung Gadang kurang lebih ada 40 Km dari daerah ini.  Jadi kami masyarakat disini sudah sepakat dengan ikhlas dan rela menghibahkan tanah kami untuk mambangun kantor Koramil disini”, Terang Datuk Abu menjelaskan.

Rencana pembangunan Komplek Koramil ini nantinya terdiri dari kantor ukuran 13,25 X 14 terdiri dari ruang jaga dilengkapi ruang istirahat, ruang Danramil dilengkapi kamar mandi, ruang rapat/ serbaguna, 2 buah ruang perwira, ruang staff luas 7 x 4 meter, 4 buah WC, pantry dan gudang.

Masjid ukuran 12 X 8 meter dilengkapi WC dan tempat wudhu, rumah pengurus, menara setinggi 13 meter. Ruang mess Prajurit 7,5 X 9 meter dengan 4 Kamar , WC , dapur, dan Ruang tamu. Ruang Mess Perwira ukuran 6 X 9 meter, 2 kamar tidur plus kamar mandi WC, pantry, ruang tamu, ruang santai.

Ruangan rumah dinas luas 36 meter, 2 kamar, Kamar mandi WC, ruang tamu digabung ruang keluarga, dan dapur. Untuk kenyamanan nantinya akan dilengkapi dengan kantin serta  pusat jajanan serba rakyat.

Hadir pada kegiatan tersebut Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kasiintel Kolonel Kav Mukmin, Kasiter Kol Inf Budi Prasetyo, Dandim 0310/SS Letkol Inf Dwi Aprianto,S.A.P,M.I.Pol, Datuk Abu, Wali Nagari Kamang Baru Kec. Kamang Baru Kab Sijunjung, dan  Tokoh masyarakat.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: