Danrem 032/WBr Hadiri Peringatan Hari Bela Negara

Korem 032 – Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo hadiri peringatan Hari Bela Negara ke 71 yang digelar oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat, bertempat di halaman kantor Gubernur Sumbar Jl. Jenderal Sudirman No.51 Kota Padang Sumbar, Kamis ( 19/12).

Peringatan Hari Bela Negara ke 71 ini bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang diikuti oleh peserta gabungan dari unsur TNI, Polri dan ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, Dewasa ini tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Disinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 74. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita di segala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara.

Selanjutnya disampaikan bahwa Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta  kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Dengan demikian bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan pengabdian masyarakat berbasis nilai nilai kabngsaan kita. Yang mengabarkan berita teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang, dan bertanggung jawab. Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing masing sebagai ladang bela negara.

Upacara Hari Bela Negara ini dihadiri sejumlah pejabat seperti , Wakapolda Irjen. Pol. Drs. Damisnur Andi M., S.H., M.M. , Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, Wakil Gubernur Sumbar Drs. H. Nasrul Abit , Wadanlantamal II Padang Kolonel Marinir Wurjanto. M.Han., Kejati Sumbar Priyanto.S.H.,M.H., DPRD Sumbar, Forkopimda Sumbar, Forum Pembauran Kebangsaan Sumbar serta tamu undangan lainnya.(Pen 032)

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *