Korem 032 Kembangkan Azolla Untuk Perikanan Dan Peternakan

Korem 032 – Setelah sukses dengan inovasi BIOS 44, Danrem 032/Wbr secara terus menerus melakukan inovasi untuk memberikan karya terbaik guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat  khususnya wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Untuk medukung rencana  kegiatan tersebut Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi para Kasi Korem melaksanakan penebaran bibit Azolla di Kolam Ikan Lapangan Golf Gadut, Kec. Lubuk Kilangan, Padang untuk dikembangkan, Senin (6/1).

Jenis tanaman Azolla dipilih karena memiliki kandungan protein yang lengkap dan menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa nilai gizi Azolla memiliki kandungan Nitrogen 3-5 %, Phosphor 0,5-0,9 %, Kalium 2-4,5% sedangkan hara mikronya berupa Kalsium 0,4-1%, Magnesium 0,5-0,6%, Ferum 0,6-0,26% dan Mangaan 0,11-0, 16% sedangkan proteinnya mencapai 31, 25%.

Dengan kandungan tersebut setelah diolah akan menjadikan pakan yang cocok untuk alternatif bagi para peternak dan petani dalam meningkatkan hasil peternakan masyarakat di Wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan, guna membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian dan peternakan ikan, bersama jajaran  satuan Kodim saat ini sedang berupaya  mengembangkan tumbuhan Azolla untuk dijadikan makanan pengganti berbagai hewan terutaman ikan, burung dan ternak, serta untuk membantu kesuburan tanaman.

Menurutnya selama ini masyarakat merasa kesulitan mendapatkan pakan yang bernilai ekonomis, sehingga kondisi tersebut menjadi motivasi bagi Komandan Korem untuk  memunculkan  inisiatif dalam  mencari solusi  sebagai alternatif mengatasi permasalahan, dan hasilnya diharapkan mampu meningkatkan hasil perikanan,  peternakan maupun pertanian  masyarakat.

“ Kita harapkan melalui Azolla yang dapat dijadikan makanan pengganti untuk berbagai hewan terutama unggas, ikan, dan ternak juga dapat digunakan untuk menyuburkan sawah dan meningkatkan produksi, dengan menjadikannya pupuk hijau, sehingga mampu menjawab kesulitan masyarakat,” jelas Danrem usai melaksanakan penebaran bibit.

Ditambahkannya selain sebagai pakan ternak Azolla yang saat ini sedang dikembangkan adalah merupakan alternatif alami yang berfungsi sebagai pupuk yang dapat meningkatkan hasil perikanan maupun ternaknya.

Selain itu juga disampaikan bahwa Azolla dapat diberikan langsung untuk pakan, untuk azolla basah dapat langsung dimakan ikan, ternak, dan unggas, sementara itu untuk azolla kering dapat dicampur dengan pakan buatan atau pelet untuk meningkatkan nilai gizi.

Dengan berbagai inovasi yang dilakukan diharapkan dapat  semakin membantu para peternak dan  petani dalam meningkatkan hasilnya.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: