Bakti Korem 032/Wbr Di “Bumi Sikerei” Mentawai

Korem 032 -Usai melaksanakan prosesi serah terima jabatan Dandim 0319/Mtw  di Tuapejat Sipora Utara Pulau Sipora (7/1), Komandan Korem bersama Ketua Persit KCK Koorcabrem 032 Ibu Mia Kunto dan pengurus Persit  melaksanakan perjalanan menuju Pulau Siberut.

Pesona keindahan dan kekayaan alam daratan maupun lautan yang terbentang luas di  pantai Barat Sumatera ini adalah merupakan anugerah Tuhan yang harus kita syukuri dan kita  jaga dengan memanfaatkan potensinya untuk kesejahteraan bersama.

Dengan menggunakan kapal cepat, Jenderal bintang satu ini bersama para Kasi Korem dan Dandim  se jajaran Korem ini melaju kencang di tengah lautan samudera Hindia.

Sambil menikmati pesona laut dan keindahan  kepulauan Mentawai yag terkenal dengan julukan “Bumi Sikerei” ini.  Setelah menempuh perjalanan 3 jam akhirnya rombongan tiba di pelabuhan Pokay Sikabaluan dan  disambut oleh Danramil 01/Sikabaluan Kapten Inf. Herynuddin,  Kapolsek Iptu Umaryani, Kepala Desa Pokay dan ibu ibu  PKK serta masyarakat Desa  Muara Sikabaluan.

Karena haripun sudah menjelang malam rombongan melanjutkan istirahat di Wisma Bilou Sikabaluan.

Pada Rabu, 8/1 pagi hari yang  cerah mengiringi perjalanan menuju   titik nol pembangunan Trans Mentawai di dusun Terekan Hulu Desa Malancan Kec Siberut Utara.

Hutan yang dulunya tidak bisa ditembus ini atas prakarsa dan upaya  Komandan Korem 032/Wbr kini telah berubah menjadi akses jalan yang menghubungkan antara Siberut Utara dengan Siberut Barat  telah menjadi jalan poros yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Setelah  menempuh perjalanan darat sejauh 22 Km dari 29 Km jalan yang dibuka dengan lebar 12 meter ini Danrem beserta rombongan yang didampingi Bapak Job selaku Camat Siberut Barat tiba di tempat yang dituju di Desa Sigapokna.  Tari sambutan “Turuk Lagai” pun  dipersembahkan sebagai ungkapan rasa hormat kepada tamu yang datang dan disambut dengan senyuman ramah oleh Ibu Kepala Desa Sigapokna beserta aparat desa dan anak sekolah.

Bakti Sosial (baksos) di wilayah Kodim 0319/Mtw pun dimulai, diawali dengan sambutan Ibu Salmiati selaku Kepala Desa Sigapokna menyampaikan terimakasih atas kedatangan bapak Danrem dan Ibu beserta rombongan.

” Selamat datang kepada Bapak Danrem beserta ibu dan rombongan di desa kami, kami sangat senang dengan kedatangannya semoga bapak dan ibu juga berkenan”, sambut ibu Kades ini.

Bakti sosial Korem pun dimulai, satu persatu masyarakat bapak bapak, ibu ibu dan anak anak menerima bantuan  bingkisan berupa susu, jajanan anak dan berbagai kebutuhan  sekolah yang memang sangat mereka butuhkan.

Selesai baksos dari Desa Sigapokna perjalanan di lanjutkan ke dusun Policoman yang berjarak lebih kurang 9 Km dari dusun Pilionan yang masih satu Desa dengan Sigapokna.

Perjalananpun  ditempuh dengan melintasi jalan trans Mentawai, dengan penuh  semangat rombongan menyusuri hutan dan jalan yang masih belum terjamah ini  walaupun harus melewati rintangan karena masih adanya kondisi jalan yang berlumpur akibat faktor cuaca yang belakangan sering hujan, namun atas dorongan semangat dan kekompakan akhirnya rombonganpun  tiba di Dusun Policoman. Rasa lelah dan keringat yang bercucuran terbayarkan dengan melihat wajah wajah ceria  menyambut dengan senyum dan tutur sapa di sepanjang jalan.

Masyarakat yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota ini bahkan “gadget” pun tak terlihat di genggaman warga, yang tampak adalah cerminan  masyarakat yang kental dengan suasana kampung  dengan gotong royong dan kehidupan sosialnya.

Di dusun yang penduduknya   sebagian besar  adalah petani dan nelayan ini juga  dilaksanankan bakti sosial pemberian bantuan kepada masyarakat.

Usai meneriman bantuan, salah satu warga Dusun Policoman  merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya bantuan bapak TNI ini.

” kami sangat senang dengan bantuan bapak bapak TNI ini bisa bantu keperluan, kami dapat susu dan jajan anak serta bantu kelengkapan anak anak kami untuk bersekolah yang memang sangat kami butuhkan”, ujar ibu Carolina dengan ceria.

Bapak Job selaku Camat Siberut Utara yang dari awal mengikuti  perjalanan selama kegiatan menyampaikan rasa terimakasih kepada Bapak Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo Danrem 032/Wbr atas kegiatan di wilayah nya baik kegiatan Bakti Sosial yang sangat membantu warganya apalagi kegiatan pembangunan Trans Mentawai yang sangat membantu warga dan sangat membantu perputaran ekonomi masyarakat.

” Kami sangat berterimakasih banyak kepada bapak Danrem dan rombongan, luar biasa kepedulian Bapak Danrem kepada kami sangat membantu warga kami apalagi pembukaan jalan trans Mentawai ini sangat membantu warga, dulunya transportasi warga menggunakan laut sekarang sudah bisa ditempuh dengan jalan darat, sekali lagi  terimakasih banyak”,  ungkapnya.

Lebih lanjut pak  Job menyampaikan bahwa dengan kehadiran dan kepedulian bapak bapak TNI sampai ke pelosok pedalaman  Mentawai ini semakin dicintai karena selain mendatangi juga telah membantu  daerahnya yang cukup terisolir dan dengan adanya kegiatan ini  semakin lebih mengenal dan semakin cinta dengan TNI.

” Melalui kegiatan ini warga kami semakin dekat dan semakin cinta pada TNI karena selama ini warga kami sangat terisolir dan sulit dijangkau” tegas pak Camat yang sudah menjabat selama tiga tahun ini.

Ibu Mia Kunto Arief Wibowo menyampaikan bahwa bakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kita bersama terhadap saudara saudara kita khususnya masyarakat yang ada di kepulauan Mentawai dan anak anak yang masih sekolah, semoga dengan kegiatan ini bisa menambah semangat dan menjadi inspirasi bagi warga khususnya anak anak agar mereka lebih termotivasi untuk belajar dan mewujudkan cita citanya.

” Bakti sosial ini adalah sebagai bukti kepedulian sesama dan semoga bisa memotivasi anak anak khususnya untuk menambah semangat belajar meraih cita citanya”, jelas ibu Ketua Persit Koorcabrem 032 ini.

Haripun sudah menjelang sore Danrem beserta rombongan pamit kepada warga untuk kembali ke Sikabaluan dengan menyusuri kembali jalan trans Mentawai.

Bakti TNI Korem 032 bersama Persit di Bumi “Sikerei” Mentawai  berjalan dengan sukses dan lancar.(Pen 032)

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *