Cegah Terjadinya Longsor, Dandim 0309 Bersama Forkopimda Tanam Vetifer

Dandim 0309/Solok bersama Kapolres Kota Solok dan Perangkat Nagari menanam rumput Vetifer cegah terjadinya longsor

Korem 032 – Komandan Kodim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos, M.I.Pol., didampingi oleh Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suandi S.IK beserta perangkat Nagari dan masyarakat Jorong Ujung Ladang Nagari Koto Sani Kec. X Koto Singkarak, melaksanakan peduli lingkungan dengan kegiatan penghijauan dan penanaman rumput Vetiver (Akar wangi) di lokasi dampak bencana tanah longsor yang melanda jorong tersebut, sekitar satu bulan yang lalu, Rabu (29/1/2020).

Vetiver (Akar wangi) merupakan sejenis rumput-rumputan berukuran besar dan memiliki banyak keistimewaan. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai bentuk kondisi tanah seperti areal perbukitan, dataran rendah dan tinggi serta daerah rawa dan bahkan pada bantaran sungai.

Pada kesempatan tersebut, Letkol Arm Reno Triambodo S. Sos, M.I. Pol selaku Dandim 0309/Solok menyampaikan tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 1,5 hingga 2,5 meter serta akarnya bisa mencapai kedalaman mencapai 4 hingga 5 meter di media bebas hambatan dan dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan rendah maupun daerah yang curah hujan cukup tinggi”, ujar Letkol Arm Reno.

Personel Kodim 0309/Solok bersama dengan masyarakat menanam rumput vetifer

Lebih lanjut Dandim 0309/Solok menambahkan, “Manfaat dari tanaman Vetiver ini, bagian daunnya dapat menyerap karbon, bahan untuk atap rumah, mengusir hama dan bisa menjadi pakan ternak. Akar-akar Vetiver ini mampu menahan partikel-partikel tanah sehingga dapat mencegah erosi. Batangnya kaku dan keras, tahan terhadap aliran air. Jika ditanam rapat atau berdekatan, akan membentuk pagar dan mampu mengurangi kecepatan aliran air dan menahan material sedimen”, tambah Dandim.

AKBP Ferry Suandi S.IK selaku Kapolres Solok Kota menyampaikan, “Terima kasih kepada Kodim 0309/Solok yang mana secara bersama sama mencegah tanggap bencana dan meminimalisir terjadi korban”, ujar AKBP Ferry.

Kapolres Solok Kota menghimbau kepada seluruh masyarakat, “Kami, TNI-Polri bersinergi bersama mencegah terjadi bencana dengan penanaman Vetiver ini dan selanjutnya bisa diteruskan oleh masyarakat”, tegas Kapolres Solok Kota kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: