Cegah Longsor Kodim 0311/Pessel Tanam Akar Wangi (Vertiver)

Korem 032 – Cegah terjadinya longsor Komando Distrik Militer 0311/Pessel dibawah komando Kasdim 0311/Pessel Mayor Inf Syawal bersama personil Kodim 0311/Pessel, BPBD Kab. Pessel, Wali Nagari Painan Timur, Tokoh Masyarakat dan pemuda setempat melaksanakan penanaman akar wangi (Vertiver) dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana di wilayah teritorial Kodim 0311/Pessel bertempat di bukit PDAM Nagari Painan Timur, Kec. IV Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumbar, Selasa (4/2).

Pada kegiatan tersebut, Mayor Inf Syawal selaku Kasdim 0311/Pessel menyampaikan penanaman akar wangi (Vetiver) ini bertujuan sebagai aplikasi kegiatan yang berkelanjutan dari program mitigasi bencana diwilayah teritorial kodim 0311/Pessel.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana Kodim 0311/Pessel untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi karena akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat cukup baik untuk menahan tanah serta dapat tumbuh subur diberbagai kondisi tanah baik itu diperbukitan, dataran tinggi, dataran rendah, maupun didaerah rawa”, ungkap Kasdim.

Lebih lanjut, Patrial Dt rajo Johan selaku Wali Nagari Painan Utara mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kodim 0311/Pessel, karena sudah memilih nagari ini sebagai lokasi penanaman akar wangi.

“Manfaat tanaman ini sangat banyak, salah satunya dapat mencegah longsor dimana wilayah kami memiliki kemungkinan terjadinya potensi bencana tersebut,”ungkapnya”.

Pada kesempatan tersebut, Yen Indra  selaku Kasi Pengadaan BPBD menambahkan program penanaman akar wangi ini sangat penting dilakukan diKabupaten Pesisir Selatan.

“Wilayah Pesisir Selatan merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana seperti  banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung yang tersebar diseluruh nagari yang kemungkinan bisa merasakan dampak bencana tersebut”, tutupnya.

Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: