Breaking News

Musda LVRI Ke X, Wujudkan Persatuan Dan kesatuan Dengan Meningkatkan Rasa Kepedulian Kepada Para Pejuang Veteran

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo memberikan kata sambutan dalam acara Musda LVRI Ke X

Korem 032 – Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., menghadiri Musyawarah Daerah (Legiun Veteran Republik Indonesia) LVRI Ke X Provinsi Sumatera Barat dengan tema “Mari Kita Tingkatkan Rasa Kepedulian Kita Kepada Para Pejuang Veteran Yang Telah Merebut Dan Mempertahankan Kemerdekaan RI Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945” yang dilaksanakan di Aula Sapta Marga Korem 032/Wbr Jln. Sudirman No 29, Padang, Sumatera Barat, Kamis 12/3.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Danrem 032/Wbr menyampaikan bahwa forum ini mempunyai nilai kebersamaan yang berharga dengan saling menyanjung, mengangkat dan mensupport sebagai wujud nilai persatuan dan kesatuan.

“Melihat situasi yang dihadapi saat sekarang ini, kita tidak lagi berjuang menghadapi perang persenjataan melainkan berjuang mengatasi situasi permasalahan yang terjadi selama ini, untuk itu kita semua perlu menjalin kebersamaan serta harus mempunyai pandangan yang sama dalam mengatasi permasalahan tersebut”, ujar Brigjen Kunto.

Selanjutnya, Danrem 032/Wbr menambahkan bahwa Korem 032/Wbr selama ini sudah mengupayakan mengatasi permasalahan yang ada, dengan menjalankan beberapa program pertahanan yang terdiri dari ketahanan pangan, industri dan teknologi dengan mengangkat potensi wilayah sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Sumatera Barat melalui metode pembinaan teritorial (Binter).

“Guna meningkatkan ketahanan pangan, industri dan teknologi Korem 032/Wbr sudah menciptakan suatu karya yang terdiri dari aplikasi Sikowil, decomposer Bios 44, perakitan drone, mengolah air asin menjadi air tawar agar bisa diminum, membuat Airboat, posramil mobile, mengolah plastik menjadi bahan bakar, menanam akar wangi (vetifer), yang beberapa diantaranya sudah digunakan untuk mendukung dan membantu masyarakat di wilayah Sumbar”, tambah Danrem 032/Wbr.

Lebih lanjut, sambutan Kapolda Sumbar yang disampaikan oleh Wakapolda Brigjen Pol. Rudi Sumardiyanto menyampaikan rasa bangga dan hormat kepada para veteran yang telah berjuang dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia saat berdinas aktif, ujar Wakapolda Sumbar. 

Kolonel (Purn) Amir Syarifuddin selaku Ketua DPD LVRI Sumbar menyampaikan menyandang predikat sebagai veteran merupakan suatu kebanggaan, yang mana kami sudah bertekad sampai akhir hayat selalu berbakti demi bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Kami veteran akan selalu berusaha mensosialisasikan jiwa semangat dan nilai-nilai kejuangan bangsa kepada generasi penerus atas apa yang kami dapatkan selama ini”.

Ditengah kondisi zaman saat ini yang serba terbuka informasinya dengan menggunakan medsos, maka kita perlu waspada terhadap berita yang bisa menimbulkan fitnah dan terjadinya adu domba sehingga dapat memecah belah bangsa ini, ujarnya.

Ketua DPP LVRI Mayjen TNI (Purn) Syaiful Sulun dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemilihan ketua DPD LVRI Sumbar yang dilanjutkan dengan penyusunan program yang akan dijalankan 5 tahun kedepannya.

Saat ini kondisi veteran secara umum mengalami penyusutan dikarenakan faktor usia, berdasarkan informasi yang didapat dari Ketua DPD Sumbar bahwa 90 persen veteran yang berada di Sumbar merupakan mantan pejuang kemerdekaan yang rata- rata usianya diatas 85 tahun, ujarnya.

Jenderal Purnawirawan Bintang Dua ini menjelaskan permasalahan mengenai kesejahteraan veteran yang sebelumnya kurang diperhatikan, sekarang sudah diatasi dan diperhatikan oleh pemerintah seperti yang tertuang dalam UU RI No. 15 Tahun 2012.

Diharapkan kepada pemerintah daerah agar memperhatikan kembali kesejahteraan bagi para veteran yang belum mendapatkan perhatian, serta tempatkanlah mereka dibarisan depan secara terhormat pada saat hari Kebesaran Negara atas perjuangan yang telah dilakukan.

“Hormatilah para veteran dengan menempatkan posisinya didepan pada saat hari Kebesaran Negara sebagai penghargaan atas perjuangan yang telah dilakukan dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, jelasnya.

Kegiatan Musda LVRI Ke X diawali dengan Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars veteraan, dilanjutkan dengan pemilihan ketua DPD LVRI Sumbar yang kembali dijabat oleh Kolonel (Purn) Amir Syarifuddin. berlangsung secara demokratis, tertib, aman dan lancar.

Acara Kegiatan Musda LVRI Ke X berlangsung secara demokratis, tertib, aman dan lancar. Turut hadir Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Rudy Sumardianto, SH, M.Si., Kakanhan Prov Sumatera Barat Kolonel Inf Khoirul, Kasrem Kolonel Inf Edi Nurhabad, S.H., M.H., para Kasi Korem 032/Wbr, para Ketua DPC LVRI Sumbar, OKP dan seluruh hadirin undangan.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: