Mengolah Limbah Menjadi Pakan Ternak Ikan Dengan Menggunakan Bios 44

Korem 032 – Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo melaksanakan kunjungan ke PT Mitra Ayu Adi Pratama dalam rangka menjalin silaturrahmi dan bekerja sama mengolah limbah menjadi pakan ikan dengan menggunakan bios 44 bertempat di Jl. Parupuk Raya II No.68, Parupuk Tabing, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (19/3).

Dalam kegiatan tersebut, Danrem 032 meninjau lokasi area pabrik dengan melihat sarana dan prasarana, serta hasil dari pengolahannya, yang mana pabrik tersebut  bergerak dibidang produsen minyak atsiri, oleoresin dan isolat alami Indonesia.

Selanjutnya menindak lanjuti progam Danrem 032/Wbr dalam ketahanan pangan, Danramil 06/Koto Tangah Kapten Inf Setianis menyampaikan bahwa kerja sama yang dijalin merupakan terobosan Korem 032/Wbr dalam memanfaatkan limbah  yang kemudian diolah menjadi pakan ikan sehingga bisa membantu para peternak ikan.

Dalam pengolahan limbah tersebut dijelaskan, bahwa pakan ikan lele, nila dan emas yang menggunakan Bios 44 dicampur dengan limbah bekatul (dedak yang sudah diolah dan diambil minyaknya), dilanjutkan dengan mencampur tepung kedelai, jagung, ikan.

“Seperti yang kita ketahui, manfaat Bios 44 sudah terbukti kegunaannya pada saat menguji coba dilokasi tambak udang dan ikan patin beberapa hari yang lalu, hasilnya sangat luar biasa yang mana peternak tersebut mengalami peningkatan pendapatan dari hasil panen”, ujar Danramil 06/Koto Tangah.

Kegiatan ini akan terus dilanjutkan dengan menguji coba mengolah limbah dari roti expired date (kadaluwarsa)  yang dikumpulkan dari toko toko, ampas tahu, jagung yang sudah diambil minyaknya, kemudian disiram menggunakan dekomposer Bios 44 agar racun yang terkandung didalamnya hilang.

“Seperti harapan Danrem 032/Wbr dan kita bersama, kedepannya hasil yang didapatkan dari pengolahan limbah tersebut berkualitas bagus, tidak kalah saing dari barang pabrikan sehingga bisa dijual dengan harga relatif murah dan terjangkau oleh masyarakat”, tutur Kapten Inf Setianis mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bpk Acai pemilik PT Mitra Ayu Adi Pratama Kasi Intel Kolonel Kav Mukmin, Kasiops Kolonel Inf Sugiyono, Kasipers Kolonel Inf Jajang Kurniawan, Dandim 0312/Padang, Dantim Intel Korem 032/Wbr Mayor Inf Ahmad Muzani Ch, Danramil 06/Koto Tangah Kapten Inf setianis.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: