Bakti Kemanusiaan, Korem 032/Wbr Gelar Donor Darah

Korem 032 – Komando Resor Militer 032/Wirabraja menggelar donor darah dalam rangka “Membantu PMI Mengatasi Kekurangan Persediaan Darah Sebagai Akibat Social Distancing Untuk Hadapi Pandemi Covid-19 Diwilayah Korem 032/Wbr”, yang berlangsung di Aula Makorem Jl. Jl. Sudirman No. 29 Padang, Sumatra Barat, Selasa (7/4).

Pada kesempatan tersebut, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyampaikan bahwa Korem 032/Wbr sejajaran selaku satuan yang terpusat bekerja sama dengan PMI menggelar kegiatan donor darah guna memenuhi kebutuhan darah akibat pandemi Covid-19, dimana masyarakat khususnya wilayah Sumatera Barat dianjurkan untuk melakukan social distancing dengan tidak melakukan aktivitas diluar rumah agar penyebaran virus tidak meluas, Ujar Danrem 032/Wbr.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, menjelaskan selain melaksanakan donor darah, Korem 032/Wbr juga sudah melakukan berbagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mengatasi pandemi tersebut diantaranya melaksanakan penyemprotan disinfektan, pembagian Hand Sanitizer, pemberian multivitamin penambah imun dilingkungan internal sendiri maupun kepada masyarakat, turut serta membantu gugus tugas melakukan pemeriksaan kesehatan diperbatasan wilayah terhadap masyarakat yang datang dari luar daerah, jelas Brigjen TNI Kunto.

Jenderal bintang satu ini, menambahkan Korem 032/Wbr terlibat langsung dalam pendistribusian logistik berupa Alat Pelindung Diri (APD) agar sampai diberikan kepada rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan, tambah Jenderal bintang satu ini.

Pada kesempatan yang sama, dr. Kim selaku dokter PMI Kota Padang menyampaikan kegiatan ini dilakukan kerja sama PMI Kota Padang dengan Korem 032/Wbr sejajaran dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah, yang bertujuan untuk membantu pasien yang menderita penyakit leukemia, sirosis, trombosit rendah dan apheresis bukan dikhususkan bagi penderita Covid-19, menghadapi situasi dan kondisi saat ini dimana masyarakat sedang melakukan social distancing akibat dampak pandemi Covid-19, tidak ada orang yang mau mendonorkan darahnya ke PMI.

“PMI membutuhkan stok darah setiap harinya dibutuhkan sebanyak 200 kantong darah guna memenuhi kebutuhan rumah sakit yang berada dibeberapa wilayah, diharapkan kepada TNI yang terus membantu rakyat tetap melaksanakan donor darah minimal 2 bulan sekali dan kami juga menghimbau kepada masyarakat agar mendonorkan darahnya untuk membantu saudara kita yang masih membutuhkan darah, dikarenakan kita belum mengetahui berapa lama penanganan Covid-19”. Ujarnya.  

Kasiops Rem 032 Kolonel Sugiyono selaku Koordinator donor darah menjelaskan bahwa menyikapi perintah dari komando atas (Kotas) mengatasi dampak tersebut, Korem 032/Wbr sejajaran bekerja sama dengan PMI terus melaksanakan donor darah secara bergantian di berbagai wilayah Sumatera Barat yang bertujuan untuk membantu kesiapan kebutuhan darah yang dipergunakan dibidang kesehatan.

“Tetap jaga kesehatan membantu kemanusiaan, Wirabraja selalu berkarya”, ujar Kolonel Sugiyono.

Meri Kristina Wati salah satu masyarakat pendonor darah mengungkapkan bahwa dirinya sudah sering melaksanakan donor darah dimulai sejak tahun 2000, dimana setelah melaksanakan donor sirkulasi darah terasa lancar membuat badan terasa sehat dan bugar, namun kegiatan yang dilakukan kali ini untuk membantu PMI memenuhi kebutuhan darah sebagai wujud kebersamaan dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Dengan diadakannya donor darah kali ini, diharapkan kedepannya pasien yang membutuhkan darah bisa terbantu, kemudian pandemi ini bisa segera diatasi, dimana masyarakat bisa menjalankan kembali aktivitasnya”, ungkapnya.

Kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan lancar, yang diikuti langsung Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kasrem Kolonel Inf Edi Nurhabad, para Kasi, seluruh personel Korem 032/Wbr dan masyarakat.(Pen 032)

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *