Danrem 032/Wbr Dampingi Gubernur Rakor Pelaksanaan Salat Idul Fitri Dengan Kementrian

Korem 032 – Menjelang peringatan Hari Besar Keagamaan Umat Islam yaitu Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Komandan Korem 032/Wbr Kolonel Inf Arief Gajah Mada, SE, MM., bersama Kapolda dan Forkopimda Provinsi Sumbar mendampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melaksanakan Rapat Koordinasi bersama beberapa kementrian, yang membahas tentang pelaksanaan salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid 19.

Rapat koordinasi tersebut, dilaksanakan menggunakan Video Conference yang berada di Ruang Kerja Gubernur Sumatera Barat Jln. Sudirman No 25 Padang, Sumbar, pada Senin (18/5).

Adapun beberapa kementrian yang turut membahas tentang pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H tahun 2020, diantaranya Kemenkopolhukam, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri dan BIN.

Dalam pembahasan rapat tersebut, pemerintah tetap menghimbau agar pelaksanaan Salat Idul Fitri dilakukan dirumah saja bersama keluarga inti. Apabila tetap ada masyarakat yang ingin melaksanakan salat di mesjid atau di lapangan, maka Pemda bersama Forkopimda terlebih dahulu berkoordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dalam hal ini, menyatakan bahwa daerah tempat dilaksanakannya salat dalam keadaaan zona hijau atau tidak ada satupun warganya yang terjangkit positif virus Corona (Covid-19).

Selanjutnya, wilayah yang status keadaannya tidak ada (zero) Covid-19 atau aman tetap bisa melaksanakan salat Idul Fitri, dengan catatan harus mematuhi protap Covid 19 yang disampaikan oleh pemerintah antara lain Jemaah tidak terlalu banyak, menjaga jarak perorangan 1 meter (social distancing), menyediakan air mengalir untuk cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, masker, khutbah tidak boleh panjang, dalam salat mengucapkan ayat ayat pendek, tidak boleh bersalaman serta yang terakhir harus diawasi oleh TNI-Polri, Pol PP dan aparat terkait lainnya.

Selain itu, juga ditekankan kepada pengawas yang melaksanakan tugas di chek poin perbatasan, agar melakukan pengawasan yang ekstra ketat khususnya mengantisipasi kemungkinan adanya masyarakat yang mudik, disiplin dalam melaksanakan tugas dan berikan edukasi kepada masyarakat yang lewat, demi mempercepat penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia.

“Semakin ketatnya pengawasan, disiplin dan patuhnya masyarakat akan protap penanganan Covid-19, maka pandemi yang melanda di seluruh Indonesia bisa segera teratasi dan berakhir”.

Usai pelaksanaan rapat koordinasi, Danrem 032/Wbr Kolonel Inf Arief Gajah Mada menyampaikan bahwa apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah, mari kita laksanakan dan didukung.

“Korem 032/Wbr, Kepolisian dan Pemerintah Daerah akan terus bersinergi mendukung pemerintah pusat dalam hal ini percepatan penanganan Covid-19. Demi kebaikan kita bersama, diharapkan masyarakat dapat mematuhi aturan dan kebijakan yang telah disampaikan, mari kita bekerja sama agar wabah virus ini bisa segera berakhir di seluruh wilayah Indonesia khususnya wilayah Sumbar,” tegas Danrem 032/Wbr.

Turut mengikuti rapat koordinasi bersama Kemenkopolhukkam, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri dan BIN, diantaranya Wakil Gubernur Sumbar, Kasi Intel dan Kasiops Korem 032/Wbr, Kasiops Lantamal II Padang, Kasiops Lanud Sutan Sjahrir Padang serta Pejabat Pemda Sumatera Barat.(Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: