Korem 032/Wbr Gelar Penyuluhan Kesehatan Terhadap Prajurit dan PNS

dr. Ice Juliana Manik selaku narasumber penyuluhan kesehatan

Korem 032 – Penyuluhan kesehatan sangat penting dilaksanakan terhadap prajurit dan PNS TNI di satuan jajaran TNI AD, yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan serta menambah wawasan tentang kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komando Resor Militer 032/Wirabraja menggelar penyuluhan kesehatan yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS Makorem.

Adapun yang menjadi narasumber dalam penyuluhan kesehatan tersebut, dr. Ice Juliana Manik dari Rumah Sakit Tentara TK III Reksodiwiryo Padang, membahas tentang penyakit PHBS, Keswa, Narkoba serta penyakit menular (HIV AIDS, TB Paru, Malaria, DBD, Hepatitis dan IMS) bertempat di Gedung Sapta Marga Jl. Jend. Sudirman No. 29 Padang, Rabu (8/7/2020).

Seluruh prajurit dan PNS Makorem mengikuti penyuluhan kesehatan yang berlangsung di Aula Sapta Marga

Pada kesempatan tersebut, dr. Ice Juliana Manik selaku narasumber menyampaikan kegiatan penyuluhan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan, wawasan sekaligus bekal kepada prajurit dan PNS, untuk dijadikan pedoman dalam menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya infeksi menular seksual (IMS), ujar dr. Ice.

Selanjutnya, dijelaskan Infeksi menular seksual atau penyakit menular seksual adalah infeksi yang menular melalui hubungan intim. Penyakit ini dapat ditandai dengan ruam atau lepuhan dan rasa nyeri di area kelamin. Ada banyak jenis penyakit menular seksual, di antaranya chlamydia, gonore, sifilis, trikomoniasis, dan HIV.

Sesuai namanya, penyakit menular seksual menyebar melalui hubungan intim, baik secara vaginal, anal, maupun oral. Tidak hanya hubungan intim, penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan berbagi jarum suntik dengan penderita dalam hal ini pengguna narkoba. Infeksi juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke janin, baik selama kehamilan atau saat persalinan, jelas Dokter RST ini.

“Adanya penyuluhan kesehatan ini, diharapkan seluruh prajurit dan PNS agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah terjadinya penyakit menular tersebut,” ujar dr. Ice.

Turut hadir dalam penyuluhan tersebut, PLT Pasimin Denkesyah 01.04.04 Padang Dokter Kowad Gladin, Kasetum, Pasilog, Pasiminlog Denma, Pasipam Denma beserta seluruh prajurit dan PNS Makorem. (Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: