Breaking News

Kunjungan Tim Wasev Mabes TNI ke lokasi TMMD 108

Korem 032 – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 108 Kodim 0307/Tanah Datar, terlaksana ditengah pandemi yang sudah mendunia berkat dukungan masyarakat dan Pemkab setempat.

“Saya ucapkan terimakasih sudah mendukung pelaksanaan TMMD 108 meski ditengah pandemi yang sudah mendunia,” Kata Ketua Tim Wasev Brigjen TNI Sulistiyono, S. Sos, CFrA., dalam Kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI ke lokasi TMMD 108, Kamis (16/07).

Sulistiyono menjelaskan, Wasev bertujuan untuk melihat progres TMMD 108 di wilayah 0307/Tanah Datar  apa sudah tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan pelaksanaan serta berdampak pada peningkatan ekonomi.

TMMD sebut Sulistiyono sudah berjalan 40 tahun, dalam pelaksanaan TMMD tentu sudah banyak inovasinya dan memprioritaskan daerah tertinggal.

“Desa pertahanan terakhir pertahanan daerah, maka pelaksanaan TMMD menjangkau ke pelosok negeri, bisa perkotaan dengan kategori kota kumuh, dan bisa daerah rentan bencana,”  kata Perwira Tinggi itu.

Sulistiyono mengatakan kegiatan TMMD merupakan usulan dari bawah serta berdasarkan skala prioritas.

Khusus program dan kegiatan TMMD 108,  Sulistiyono menilai sangat strategis dan tepat sasaran, pasalnya mengurangi kemacetan karena dapat menjadi ruas jalan alternatif Padang menuju Bukittinggi atau sebaliknya.

Disamping itu, pembukaan ruas jalan sepanjang 2.800 meter dapat berdampak signifikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Ruas jalan bernilai ekonomi tinggi, bahkan hasil pertanian dapat dipasarkan dengan harga tinggi, karena sayur masih segar,” katanya.

Sementara, Wali Nagari Panyalaian Roni Datuak Paduko Sirajo mengatakan TMMd 108 tidak mudah tetapi tetap melalui tahapan proses sehingga semua tantangan dapat dipecahkan.

Pembukaan ruas jalan sebut Roni akan meningkatkan ekonomi secara signifikan, melahirkan usaha-usaha baru serta dapat meningkatkan nilai jual tanah

“Kita sudah meninggalkan ekonomi untuk anak kemenakan dalam jangka panjan,” katanya.

Kunjungan Wasev ke lokasi TMMD 108 yang dipusatkan di lapangan bola kaki pasar Raba’a Nagari Panyalaian menerapkan protokol kesehatan dimulai dengan pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan, mengunakan masker serta sosial distansing.

Sebelum meninjau pembukaan ruas jalan Wasev melakukan penanaman pohon yang didahului dengan penyerahan bantuan bagi warga setempat. (Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: