Cerdaskan Anak Bangsa, Kopda Chrisman Nduru Babinsa Kodim 0307/TD Dirikan Pustaka Lentera Kota Tua di Batang Arau Padang

Korem 032

Padang – Berinovasi dan berkreasi dalam membangun kemajuan suatu wilayah apalagi dikampung halaman memliki nilai tersendiri, seperti yang dilakukan oleh prajurit TNI AD Korem 032/Wbr yang bernama Kopral Dua Chrisman Nduru Babinsa Kodim 0307/Tanah Datar, berinisiatif mendirikan taman bacaan masyarakat (TBM) Pustaka Lentera Kota Tua diatas bangunan sederhana yang didesain seperti kapal kecil bertempat di tepi aliran sungai Batang Arau Padang, Kamis (27/8/2020).

Kopda Chrisman Nduru menjelaskan bahwa Pustaka Lentera Kota Tua ini baru didirikan dua bulan lalu, yang bertujuan untuk memberikan fasilitas bacaan kepada warga dan pengunjung Batang Arau, Padang. Memilih Batang Arau sebagai lokasi pustaka, karena daerah tersebut adalah kampung halaman dari ayah dari satu orang anak ini.

“Pustaka Lentera Kota Tua terbuka untuk umum. Kami ingin mendukung program Pemerintah Kota Padang, untuk menjadikan kota ini sebagai kota literasi di Indonesia,” ucapnya.

Didalam pustaka ini terdapat 500 buku yang terdiri dari berbagai bacaan. Selain itu, juga memberikan pelatihan menulis, membaca, menggambar dan menari yang diajarkan oleh guru-guru secara sukarela.

“Pendirian Pustaka Lentera Kota Tua tidak mempunyai sponsor. Tetapi usaha kami mencerdaskan anak bangsa didukung penuh oleh Korem 032/Wbr, Dinas Pariwisata  Kebudayaan dan Pemda Kota Padang, Dinas Arsip dan Perpustakaan Sumbar dan Dinas Kominfo Padang. Bahkan, rencananya akan memasang jaringan WiFi di pustaka ini,” jelasnya.

Danramil 01/Padang Barat Kodim 0312/Padang Mayor Inf Misno mengungkapkan akan selalu mendukung apa yang dilakukan oleh Kopda Chrisman Nduru, dalam usaha mengembangkan literasi di kota ini. “Kami dari Koramil 01/Padang Barat Kodim 0312/Padang juga memberikan bantuan 100 buku, agar dapat dimanfaatkan wisatawan ke Batang Arau, Padang. Disamping itu, juga memberikan bantuan buku di taman bacaan lainnya, seperti Tanah Ombak, Purus, dan Taman Bacaan di Danau Cimpago,” ucapnya.

Selanjutnya, juga dijelaskan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang telah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V untuk turut membantu pengembangan Pustaka Lentera Kota Tua. “Selain itu Dinas Kominfo Kota Padang akan memasang WiFi gratis agar dapat dimanfaatkan oleh pengunjung Pustaka Lentera Kota Tua,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian juga menyempatkan hadir di Pustaka Lentera Kota Tua. Dirinya sangat mengapresiasi Kopda Chrisman Nduru dalam usahanya mencerdaskan warga yang berada di aliran Batang Arau, Padang ini. “Dengan hadirnya Pustaka Lentera Kota Tua yang dibangun oleh prajurit TNI AD aktif ini, diharapkan dapat meningkatkan pemikiran warga sekitar Batang Arau,” harapnya. (Pen 032)

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *