Pangdam I/BB Pimpin Upacara Penyambutan Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 133/YS

Korem 032

Padang – Komando Resor Militer 032/Wirabraja menggelar Upacara Penyambutan Satgas Yonif 133/Yudha Sakti dalam rangka Purna Tugas Operasi Pamtas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat, yang dipimpin langsung oleh Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, M.A, M.Sc., bertempat di Lapangan Mako Yonif 133/YS Jl. Prof. Dr. Hamka No.1 Air Tawar Timur, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, pada Jum’at (25/9/2020).

Upacara penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa bangga sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta penghargaan komando kepada prajurit Satgas Yonif 133/Yudha Sakti yang telah selesai melaksanakan tugas secara profesional dalam menjaga integritas NKRI dari ancaman dan berbagai aksi yang mengganggu keamanan perbatasan, dengan melakukan pembinaan teritorial dan sekaligus sebagai representasi kehadiran pemerintah di wilayah perbatasan darat Republik Indonesia dan Malaysia.

Dalam amanatnya, Pangdam I/BB menyampaikan bahwa saya atas nama komando dan pribadi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Satgas Yonif 133/Yudha Sakti yang telah sukses dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Malaysia selama kurang lebih sepuluh bulan.

“Satgas Yonif 133/YS telah melaksanakan tugas tanggung jawab secara profesional dan proporsional, sehingga bisa berhasil dengan kriteria baik, hal ini dilihat dari penilaian unsur pimpinan dan komponen terkait di tempat kalian bertugas yang dilaksanakan dengan standar penilaian yang terukur dan obyektif,” ungkapnya.

Selanjutnya, Mayjen TNI Irwansyah mengatakan keberhasilan tersebut merupakan hasil dari pengabdian yang tulus dan ikhlas serta kesadaran untuk berbuat yang terbaik, sehingga rasa tanggung jawab yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dapat menjaga nama baik satuan khususnya citra Kodam I/Bukit Barisan, katanya.

Lebih lanjut, Jenderal Bintang Dua ini menegaskan kepada seluruh prajurit Yonif 133/Yudha Sakti, didalam pelaksanaan tugas ke depan agar selalu bersyukur dan  berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan jangan larut dalam kegembiraan yang berlebihan, karena keberhasilan ini adalah kehormatan dalam menjalankan tugas yang mulia, kemudian laksanakan konsolidasi dengan tertib administrasi yang teliti dan benar sehingga pertanggungjawaban satuan ataupun perorangan dapat dilaporkan secara akuntabel, berikan reward and punishment kepada personel yang memang patut untuk menerimanya, serta yakinkan hak-hak kesejahteraan prajurit dapat dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta segera menyesuaikan dengan kegiatan satuan yang mengacu kepada program kerja dan anggaran Kodam I/Bukit Barisan TA. 2020

Diakhir amanatnya, Pangdam I/BB juga menyampaikan pesan dari ibu Ketua Persit KCK PD I/Bukit Barisan kepada seluruh anggota Persit KCK Koorcabrem 032, dimana sebagai anggota Persit KCK hendaknya menggunakan aplikasi yang ada di smart phone dengan cerdas dan bijaksana, seperti diketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi informasi sudah sedemikian pesat, untuk contoh positifnya “Marilah kita saling bertukar informasi berkaitan dengan pendidikan anak atau mungkin tentang masakan-masakan yang sedang tren saat ini,” ujarnya.

Disamping itu, selalu patuhi anjuran pemerintah dalam memerangi pandemi covid-19, dengan menerapkan social dan physical distancing maupun pola hidup sehat untuk senantiasa gunakan masker, jaga jarak, hindari tempat keramaian dan jaga kebersihan diri dengan mencuci tangan, tuturnya mengakhiri.

Usai pelaksanaan upacara penyambutan, Pangdam I/BB yang diikuti oleh seluruh tamu undangan memberikan ucapan selamat dan melakukan penebaran tepung tawar sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan Satgas Yonif 133/YS dalam pelaksanaan tugas operasi.

Ketika dikonfirmasi awak media, Alumni Akmil 1985 ini menjelaskan bahwa tugas yang diberikan kepada Satgas Yonif 133/YS adalah selalu menjaga patok patok yang ada diperbatasan, kemudian menjaga arus lalu lintas keluar masuk perbatasan agar tidak terjadi penyelundupan barang ilegal loging maupun mining diwilayah NKRI. Disamping itu, juga melakukan pembinaan teritorial terhadap masyarakat setempat, pungkasnya.

Turut mengikuti Upacara Penyambutan tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berserta Forkopimda Prov. Sumbar, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E, M.M.,  Asops dan Asintel Kasdam I/BB, Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Amrizen, S.E., para Kasi Kasrem 032/Wbr, para Dandim, para Kabalak Korem 032/Wbr, Danyonif 133/YS Letkol Inf Hendra Cipta, S.Sos., beserta seluruh prajurit Yonif 133/YS, Ketua Persit KCK Koorcabrem 032 Ny. Anggia Meutia Arief, pengurus Persit KCK Koorcabrem 032. (Pen 032).

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: