Korem 032/Wbr Gelar Latihan Posko I Yonif 131/Brs

Korem 032

Payakumbuh – Komando Resor Militer 032/Wirabraja menggelar Latihan Posko I TA. 2020 Batalyon Infanteri 131/Braja Sakti yang dibuka oleh Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM., diwakili Kasiops Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Ruddy Trenggono, S.Sos., yang berlangsung di Aula Braja Baladika Mako Yonif 131/Brs, Jl. Ranah Tiakar, Kec. Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, pada Senin (28/9/2020).

Latihan Posko I TA. 2020 ini merupakan kegiatan yang telah diprogramkan dari komando atas, dalam rangka menguji kerjasama dan koordinasi antara komandan dan staf yang ada di tingkat batalyon guna meningkatkan kemampuan seorang komandan satuan dalam menggunakan seluruh kemampuan yang dimiliki batalyon guna mendapatkan kesiapan satuan dalam melaksanakan tugas.

Pelaksanaan Latihan Posko I selama tiga hari terhitung dari tanggal 28 s.d 30 September 2020, dengan mengangkat tema “Batalyon Infanteri 131/Brs Siap Melaksanakan Operasi Lawan Insurjensi di Wilayah Korem 032/Wbr Kodam I/BB Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan NKRI”.

Dalam sambutan Danrem 032/Wbr, yang dibacakan oleh Kasiops Kasrem 032/Wbr menyampaikan bahwa latihan ini pada hakekatnya merupakan wahana untuk mengasah kemampuan Komandan Batalyon dan staf guna mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapkan dengan perkembangan situasi dan dinamika dalam pelaksanaan tugas, terutama berkaitan dengan fungsi komando dan pengendalian.

Berkaitan dengan pelaksanaan Latihan Posko I, sampai saat ini pimpinan TNI AD masih memandang perlu untuk dilaksanakan sebagai program latihan tahunan, karena kondisi aktual di lapangan menunjukkan masih kurangnya kinerja staf dalam merencanakan  suatu operasi, hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran pelaksanaan tugas pokok secara maksimal, ujarnya.

Oleh karena itu, melalui latihan yang dimulai hari ini dengan sasaran komandan dan staf mahir mengaplikasikan teknik pekerjaan staf serta prosedur hubungan kerja, merencanakan dalam mendukung operasi secara profesional.

Adapun materi-materi yang akan diberikan dalam latihan ini untuk menguji kemampuan komandan dan staf dalam mengintegrasikan teknik, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam perencanaan dan pengendalian operasi serta menguji efektifitas komando satuan, jelasnya.

Menyadari demikian pentingnya tugas-tugas yang harus dilaksanakan baik dalam situasi berada di home base maupun dalam situasi di daerah tugas, maka pada pelaksanaan latihan kali ini yang para pesertanya terdiri dari komandan dan staf batalyon,  akan dilatih untuk bekerja sama dan berkoordinasi  secara handal, solid dan profesional sesuai tataran kewenangan dan tanggung jawab tugas masing-masing.

“Untuk itu, diharapkan kepada seluruh peserta latihan posko I Yonif 131/Braja Sakti, agar mencurahkan segala perhatian, pikiran dan tenaga untuk keberhasilan latihan ini, tumbuhkan ide ide baru yang inovatif, baik melalui diskusi maupun pembahasan studi kasus, selama melaksanakan latihan kembangkan hal tersebut untuk mendukung kepentingan tugas satuan, tegasnya.

Sebelum mengakhiri amanat ini, kepada staf perancang latihan, penyelenggara dan pendukung saya minta agar kepada para peserta latihan dapat diberikan pembekalan  secara  optimal, baik secara teori maupun aplikasinya, sehingga tujuan dan sasaran pelaksanaan latihan yang sudah ditentukan dari komando atas  dapat tercapai.

“Adakan evaluasi terhadap pelaksanaan latihan ini, sehingga dapat dijadikan umpan balik bagi penyempurnaan kegiatan latihan yang sama pada masa yang akan datang,” ungkapnya.

Selanjutnya, ditambahkan laksanakan protokol kesehatan penanganan Covid 19 dalam latihan serta kehidupan sehari hari dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan juga rajin mencuci tangan, Insya Allah kita akan terhindar dari wabah covid 19, tuturnya mengakhiri.

Turut hadir dalam pembukaan Posko I tersebut, Danyonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, S.H., M.Tr (Han)., para Perwira Staf dan Danki Yonif 131/Brs dan seluruh personel Yonif 131/Brs. (Pen 032)  

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *