Danrem 032/Wbr Bersama Gubernur dan Forkopimda Sumbar Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Korem 032

Padang – Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM., bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan pejabat Forkopimda Sumbar mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 secara virtual, yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sumatera Barat Jl. Sudirman No.51 Padang, pada Kamis (1/10/2020).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 ini, dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir.Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup), yang diikuti secara virtual oleh Kepala Daerah di seluruh Indonesia, bertempat di Monumen Pancasila Sakti, Komplek Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Usai melaksanakan upacara tersebut, Danrem 032/Wbr bersama Gubernur dan Forkopimda Sumbar menerima bingkai foto dari Ditpolairud Polda Sumbar yang diserahkan langsung oleh kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto.  

Ketika dikonfirmasi awak media, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E, M.M., menyampaikan bahwa pelaksanaan Upacara Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan secara rutin setiap tanggal 1 Oktober ini, “merupakan momentum sejarah yang harus diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda, dengan mempelajari dan mengetahui sejarah maka akan tertanam nilai nilai kebangsaan”, ujar Danrem 032.

Selanjutnya, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., menambahkan bahwa Negara Republik Indonesia dulunya mempunyai sejarah, dimana Pancasila pernah diuji dan dicoba untuk dirubah dengan bukti tewasnya para Jenderal pada saat itu, sehingga “dengan Kesaktian Pancasila ini tentunya diharapkan dapat menyadarkan masyarakat terhadap sila sila yang harus kita jaga bersama”, kata Kapolda Sumbar.

Sementara itu, Jenderal Bintang Dua ini menjelaskan dalam menghadapi Pilkada TA. 2020, sesuai dengan penekanan yang disampaikan oleh bapak Kapolri Jenderal Idham Azis melalui Vicon kemarin, Rabu (30/9/2020). Bahwasanya anggota Polri harus menjaga netralitasnya, apabila ada oknum anggota yang terlibat mendukung salah satu paslon maka akan diberi sanksi tegas disiplin dan diproses secara hukum, tegas Alumni Akademi Kepolisian 1988 ini.  

Lebih lanjut, dalam pengamanan pilkada nantinya TNI-Polri bersinergi dengan Forkopimda akan mereduksi potensi kerawanan yang lebih banyak didominasi dari berbagai aspek, termasuk didalamnya aspek politik, hukum dan aspek aspek lainnya, ungkap Irjen Pol Toni Harmanto mengakhiri.

Tampak hadir mengikuti Upacara Kesaktian Pancasila tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, Danlantamal II Padang Laksma TNI Davit Santoso, Danlanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Nav Medi Rachman, Kajati Sumbar Burhanuddin, Ketua DPRD Sumbar Supardi. (Pen 032).  

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: