Danrem 032/WBr Buka Latihan Posko II yonif 131/Braja sakti

Korem 032

Padang – Komando Resor Militer 032/Wirabraja menggelar Latihan Posko II Yonif 131/Brs, yang dibuka langsung oleh Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM., bertempat di Lapangan Krida Yonif 131/Brs, Kota Payakumbuh, Sumbar, pada Senin (5/10/2020).

Latihan Posko II merupakan kegiatan yang telah diprogramkan dari komando atas, dalam rangka menguji kerjasama dan koordinasi antara komandan dan staf serta unsur pelayan yang ada di tingkat batalyon guna meningkatkan kemampuan seorang komandan satuan dalam menggunakan seluruh kemampuan yang dimiliki batalyon guna mendapatkan kesiapan satuan dalam melaksanakan tugas.

Pelaksanaan Latihan Posko II ini, dilaksanakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 5 s.d 9 Oktober 2020, dengan mengangkat tema “Batalyon Infanteri 131/Brs siap melaksanakan operasi lawan insurjensi di wilayah Korem 032/Wbr Kodam I/BB dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI”.

Dalam sambutannya, Danrem 032/Wbr menyampaikan bahwa latihan ini merupakan wahana untuk mengasah kemampuan Komandan Batalyon (Danyon) dan staf serta unsur pelayan guna mengatasi berbagai permasalahan, dihadapkan dengan perkembangan situasi dan dinamika dalam pelaksanaan tugas terutama yang berkaitan dengan fungsi komando dan pengendalian.

Berkaitan dengan pelaksanaan Latihan Posko II, sampai saat ini pimpinan TNI-AD masih memandang perlu untuk dilaksanakan sebagai program latihan tahunan, karena kondisi aktual di lapangan menunjukkan bahwa masih kurangnya kinerja unsur pelayan bahkan adanya pemahaman tidak mendasar yang dilakukan oleh prajurit dalam melaksanakan tugas, sebagai akibat dari kurangnya kemampuan yang dimiliki oleh unsur pelayan markas dalam melaksanakan fungsi tugas pelayanan dan dukungan pada suatu operasi. Hal ini, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian sasaran pelaksanaan tugas pokok secara maksimal.

­

“Melalui latihan yang dimulai hari ini dengan sasaran komandan dan staf serta unsur pelayan markas diharapkan mahir mengaplikasikan teknik pekerjaan staf serta prosedur hubungan kerja, merencanakan dalam mendukung operasi secara profesional,” pungkas Danrem.

Adapun materi-materi yang akan diberikan dalam latihan ini untuk menguji kemampuan komandan dan staf serta unsur pelayan markas dalam mengintegrasikan teknik, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam perencanaan dan pengendalian operasi serta menguji efektifitas fasilitas suatu markas komando satuan.

Menyadari pentingnya tugas-tugas yang harus dilaksanakan baik dalam situasi berada di home base maupun dalam situasi di daerah tugas, maka pada pelaksanaan latihan kali ini yang para pesertanya terdiri dari komandan dan staf serta unsur pelayan batalyon, akan dilatih untuk bekerja sama dan berkoordinasi  secara handal, solid dan profesional sesuai tataran kewenangan dan tanggung jawab tugas masing-masing, jelas Danrem.

“Untuk itu, kepada seluruh peserta latihan posko II Yonif 131/Braja Sakti, diharapkan agar mencurahkan segala perhatian, pikiran dan tenaga untuk keberhasilan latihan ini, tumbuhkan ide-ide baru yang inovatif, baik melalui diskusi maupun pembahasan studi kasus, selama melaksanakan latihan, kemudian kembangkan hal tersebut untuk mendukung kepentingan tugas satuan.

Selanjutnya, kepada staf perancang latihan, penyelenggara dan pendukung pembekalan  secara  optimal kepada para peserta, baik secara teori maupun aplikasinya, sehingga tujuan dan sasaran pelaksanaan latihan yang sudah ditentukan dari komando atas dapat tercapai, ujar Brigjen TNI Arief.

“Usai melaksanakan latihan posko II, segera adakan evaluasi terhadap pelaksanaan latihan ini, sehingga dapat dijadikan umpan balik bagi penyempurnaan kegiatan latihan yang sama pada masa yang akan datang,” tegas Abituren Akmil 1992 ini.

Disamping itu, Jenderal bintang satu ini berpesan selalu laksanakan disiplin protokol kesehatan penanganan Covid 19, baik itu didalam latihan serta kehidupan sehari-hari dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan juga rajin mencuci tangan, Insya Allah kita akan terhindar dari wabah Covid 19, pungkas Danrem.  

Lebih lanjut, dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, pada hari ini, senin 5 oktober 2020 pukul 13.00 Wib Latihan Posko II Yonif 131/Braja Sakti TA. 2020, saya nyatakan dengan resmi dimulai, kata Danrem.

Turut hadir dalam pembukaan Posko II tersebut, Kasi Intel Kolonel Arm Fairil Wajdi, S.I.P., Kasiops Kolonel Inf Ruddy Trenggono, S.Sos., Kasiter Kasrem 032/Wbr Kolonel Kav Husnizon, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S. Lahe, S.A.P., Dandim 0304/Agam Letkol Inf Arh.Yosip Brozti Dadi, SE., Danyonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, S.H., M.Tr (Han)., para Perwira Staf dan Danki Yonif 131/Brs serta seluruh personel Yonif 131/Brs. (Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: