Breaking News

TMMD 112 Kodim Solok, Kejar Pembangunan Irigasi Banda Karang Nagari Koto Sani

Solok,- Sejumlah infrastruktur yang dibangun Satgas TMMD 112 kodim 0309/Solok, di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, ternyata menjadi motivasi warga desa untuk memperbaiki sarana dan prasarana lainnya.

Kali ini Personil Satgas TMMD bersama warga memperbaiki saluran irigasi yang rencananya digunakan mengairi sawah di Nagari Koto Sani. Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar warga Nagari Koto Sani adalah berprofesi sebagai petani.

Dijelaskan Ardi (44) warga Nagari Koto Sani, adanya pembangunan yang sudah dikerjakan oleh TNI melalui TMMD maka masyarakat juga melakukan pembenahan saluran irigasi agar kebutuhan para petani akan kebutuhan air bisa tercukupi.

“Diharapkan dengan adanya perbaikan irigasi tersebut maka tanaman petani tidak kekurangan air dan hasil panen meningkat,” jelasnya, Senin (20/9/2021).

Diketahui pada program TMMD, Satgas TMMD juga mengadakan berbagai penyuluhan pertanian, dimana membahas dan melakukan pelatihan tentang pembuatan pupuk, pemilihan bibit tanaman yang baik, peningkatan hasil produk tani dan juga pelatihan petani modern.

Selain itu, juga diberi pelatihan berupa sistem pengairan yang bagus, hal ini dimaksudkan agar para petani tahu betul cara pengairan padi yang bagus, pengairan sayuran yang baik sebagaimana dimaksudkan agar tidak gagal panen.

Dalam pembuatan irigasi ini TNI dan warga juga bergotong-royong untuk menyelesaikan irigasi. Sistem gotong royong tersebut juga hasil dari didikan anggota satgas tentang arti persatuan salah satunya menghasilkan budaya gotong-royong.(Penrem032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: