Breaking News

Dandim 0306/50 Kota Hadiri Undangan Sebagai Bintang Tamu Di Denai TV

Payakumbuh,– Disela kegiatan yang padat, Komandan Kodim 0306/50 kota Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono SH, M. Han didampingi ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LX Dim 0306/50 Kota Ny Shinta Laleani Mastur memenuhi undangan sebagai bintang tamu dalam program acara Otaki Podcast & Review di Denai Tv, Jl Sudirnan No 30 A, Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Rabu (6/10/2021).

Kedatangan Dandim dan Ketua Persit KCK Cab LX Dim 0306/50 Kota disambut baik oleh Direktur Utama Denai Tv Bapak Eko Cahyadi dan Wakil Dirut Denai Tv Bapak Devri Indra beserta semua staf Denai Tv yang bertugas pada hari ini.

Dalam acara yang dipandu oleh pembawa yang tak asing lagi bagi masyarakat kota Payakumbuh, Hario Zoanes atau yang lebih akrab di sapa bang Boy, memandu Dandim 0306/50 kota Letkol lnf Mochammad Denny Nurcahyono SH, M. Han menyapa pemirsa penggemar acara Otaki yang ada di kota Payakumbuh maupun diluar kota Payakumbuh.

Pada kesempatan tersebut Dandim sedikit bercerita tentang lahirnya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TNI merupakan lembaga pertahanan yang berdiri ketika berlangsungnya perjuangan Indonesia melawan penjajah.
Merujuk pada situs resmi, sejarah berdirinya TNI bermula dari organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Pada masa mempertahankan kemerdekaan, ada banyak Badan Keamanan Rakyat independen yang didirikan masyarakat, Organisasi Badan Keamanan Rakyat ini dikembangkan dengan sebutan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Dikarenakan Badan Keamanan Rakyat cukup banyak, pemerintah mengambil langkah supaya tidak ada salah paham dan mempersatukannya sebagai Tentara Republik Indonesia (TRI).

Susunan dalam Tentara Republik Indonesia (TRI) pun diubah dan disesuaikan selayaknya militer internasional yang ditetapkan pada 5 Oktober 1945.

Namun pada akhirnya, TRI resmi diubah pada 3 Juni 1947 oleh Presiden Soekarno yang mengesahkan terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI), sebut Dandim.

TNI menjalankan tugas serta fungsinya berdasarkan kebijakan politik negara dan memosisikan kedudukannya sebagai Tentara Rakyat, Revolusi, dan Nasional.

Tugas pokok dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD, melindungi segenap bangsa serta tumpah darah Indonesia dari gangguan terhadap keutuhan bangsa serta negara.

Mengatasi gerakan separatis bersenjata, mengatasi pemberontakan bersenjata, Mengatasi aksi terorisme, Mengamankan wilayah perbatasan, mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis, melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri, mengamankan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya.

Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, Membantu tugas pemerintahan di daerah, Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang, Membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia, Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue), Membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan Dari sejarah berdirinya TNI yang cukup panjang terutama pada masa penjajah hingga kemerdekaan, maka setiap 5 Oktober ditetapkan sebagai hari peringatannya.

Dandim juga menyampaikan kepada pemirsa Denai Tv dan masyarakat kota Payakumbuh di mana pun berada untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan anjuran pemerintah.

Dalam kesempatan itu bang Boy sebagai pembawa acara Otaki mengucapkan trimakasih yang sebesar besarnya
kepada Dandim beserta Ketua Persit Kck Cab LX Dim 0306/50 Kota bisa hadir menjadi bintang tamu di program Otaki ini.

Ia juga berharap hubungan silaturahmi dengan orang nomor satu di Kodim 0306/50 Kota terus dapat terjalin dengan baik, serta saling dapat memberikan informasi kepada masyarakat.

“Saya berharap, semoga bisa menjalin silaturahmi dan juga bisa saling membagi informasi sesuai dengan media kita media informasi, hiburan dan pendidikan, dan berharap ini akan berkelanjutan,” tutupnya.(Pen0306)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: