Dalam Rangka Hari Pahlawan, Kasrem Pimpin Upacara di Makorem 032/Wbr

Padang,- Dalam rangka memperingati hari Pahlawan Indonesia 10 November Tahun 2021, Korem 032/Wbr dan jajaran menggelar upacara bendera bertempat di Lapangan Makorem 032/Wbr yang di pimpin oleh Kolonel CZI Arif Hartoto, S. E.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Danrem 032/Wbr melalui Kasrem 032/Wbr Kolonel Czi Arif Hartoto, Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, mengemukakan bahwa Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan, berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajahan dalam kurun waktu 350 tahun. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik adu domba.

“Memaknai peringatan hari Pahlawan bukan hanya sekedar ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang yang telah gugur di medan laga”, ungkapnya.

Tema “Pahlawanku Inspirasiku” adalah Dengan semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakan kita semua untuk mengemban misi sejarah mengalahlan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas, pungkasnya.

Masih kata dia, untuk mengingatkan kembali kepada kita semua dan generasi muda khususnya sebagai penerus cita-cita, agar nilai-nilai kejuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun, katanya.

Dikemukakan, dinamika perubahan yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara saat ini, masih menyisakan berbagai permasalahan, seperti kemiskinan, keterlantaran, pengangguran, korban bencana, konflik antar warga dan masalah-masalah lain yang dapat mengganggu kelangsungan keharmonisan berbangsa dan bernegara di semua aspek.
 
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut kita harus bahu membahu dan bersama-sama melakukan segala upaya agar impian dan harapan menjadi negara Indonesia yang berdaulat, adil, makmur, dan sejahtera dapat menjadi kenyataan.

Seraya menambahkan bahwa modal sosial yang harus diperkuat adalah menjaga jati diri sebagai bangsa yang hebat untuk membangun negeri yang lebih kuat, kokoh, dan harmonis di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Semangat kepahlawanan dan kejuangan yang direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi, serta toleransi, harus menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menyelesaikan semua masalah yang kita hadapi diwaktu kini dan mendatang, tandasnya.(penrem)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: