Breaking News

Tingkatkan Hasil Panen, Babinsa Intensif Berikan Pendampingan Sekaligus Penyuluhan Kepada Petani Cabe

Lima Puluh Kota,- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06 Guguk Kodim 0306/50 Kota Serda Hermasyah Zendrato melaksanakan upaya khusus (upsus) pendampingan sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani yang bergerak dalam pembibitan tanaman cabe, di Jorong Lakuang Nagari Simpang Sugiran Kecamatan Guguk. Minggu (5/12/2021).

Disela kegiatan pendampingan, Babinsa Serda Hermansyah Zendrato mengungkapkan, dalam pendampingan ini kita juga selalu bekerja sama dengan PPL guna memberikan masukan masukan kepada para petani dengan harapan mereka paham dan mengerti langkah langkah yang harus dikerjakan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dalam penyemaian cabe seperti sekarang ini contoh nya, ada langkah langkah yang mesti disiapkan seperti menyiapkan media semai, lalu masukan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.

Selanjutnya media semai juga harus ditempatkan ditempat yang gelap dan terlindung dari cuaca dan sinar matahari selama seminggu dan setelah media semai siap rendam bibit cabe dalam air hangat selama 3 jam sebelum disemaikan, ucap Babinsa.

Danramil 06 Guguk Kapten Inf Muhardif dalam pesan singkatnya menyebutkan, kita selalu berpesan kepada Babinsa untuk selalu berkoordinasi dengan PPL pertanian, cek dan datangi lokasi dan berikan solusi melalui penyuluhan langsung kepada para kelompok tani sesuai jenis yang ditanami petani agar tidak salah dalam mengolah, menanam dan merawatnya.

Kecamatan Guguk sendiri memiliki tanah Lahan yang sangat luas yang bisa ditanami berbagai jenis tanamaan seperti, cabe, bawang merah, kopi dan palawaija lainnya, apabila Babinsa dan PPL pertanian mendatangi kelokasi lahan dan memberikan motipasi penyuluhan, mudah mudahan kelompok tani mendapat kan ilmu tentang cara bercocok tanam yang benar, ungkap Danramil.(Pen0306)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: