Breaking News

Kasad Kunjungi Langsung Korban Bencana Alam Di Pasaman Barat

Pasaman Barat,- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E.,M.M mengunjungi salah satu daerah yang terdampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 di daerah Jembatan Panjang, Jorong Limpato, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman SE, MM bertolak dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dengan menggunakan helikopter Heli Bell – 412 TNI AD dengan memakan waktu tempuh selama 40 menit.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman SE, MM menjelaskan TNI AD memberikan bantuan berupa materil dan personil yang dilibatkan untuk membantu korban bencana alam gempa bumi.

“Selain memberikan bantuan materil, TNI AD mengirimkan bantuan dari Korem 032/Wbr, Kodim 0305/Pasaman, satu kompi dari Batalyon dari 133 Yudha Sakti, Padang dan satu kompi dari Batalyon 131 Braja Sakti, Payakumbuh ,” ucapnya. Minggu (27/2)

Lebih lanjut, Jenderal TNI Dudung Abdurachman kunjungannya ke Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, karena daerah ini merupakan daerah yang terdampak sangat parah di bandingkan daerah lain.

“Akibat gempa M 6,2 , bangunan di sini merata rusak berat, dam hampir rata dengan tanah. Selain itu, di daerah ini empat orang warganya meninggal akibat gempa bumi,” tambahnya.

Selain itu, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam kunjungan tersebut ingin melihat sejauh mana peran serta TNI di lapangan.

“Saya telah melihat posko dari Polda Sumbar, BNPB, TNI, Kemensos, tentu ini sangat baik sekali. Yang paling utama yang dilakukan saat ini adalah menstabilkan situasi agar masyarakat tidak terlalu panik,” ucapnya.

Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga mengapresiasikan dapur lapangan yang telah di buat berbagai instansi yang turun langsung di daerah terpapar bencana.

“Saya sangat mengapresikan dapur lapangan yang telah di buat berbagai instansi dalam membantu masyarakat. Kita lihat sendiri selain dapur lapangan yang dibuat TNI AD, dapur lapangan juga digelar oleh Polri, Kemensos, BNPB. Jadi untuk dapur lapangan sudah terpenuhu dengan baik,” jelasnya.

Mengenai bantuan terhadap rumah yang rusak, Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan rumah yang rusak ringan akan di bantu oleh pemerintah daerah, rusak sedang di bantu pemerintah provinsi, dan rusak berat akan di bantu oleh pemerintah pusat melalui BNPB.

“Sebelumnya telah dilakukan rapat koordinasi antara pemerintah daerah, provinsi dengan BNPB. Rumah yang rusak ringan akan dibantu oleh pemerintah daerah, rusak sedang di bantu pemerintah provinsi. Sedangkan rusak berat akan di bantu oleh pemerintah pusat melalui BNPB,” ucapnya.

Dalam kunjungan ke Pasaman Barat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman turut didampingi oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si.

Selain itu, rombongan Jenderal TNI Dudung Abdurachman turut mengikut sertakan Asisten Operasi Kasad Mayjen TNI Ainurrahman, Kepala Pusat Zeni AD Mayor Jenderal TNI M.Munir,S.I.P, Kepala Pusat Kesehatan AD Mayjen TNI dr.Purwo Setyanto,Sp.B.,M.A.R.S., Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Tatang Subarna. (Penrem032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: