Dandim 0305/Pasaman Dampingi Pemko PMK Tinjau Lokasi Bencana

Pasaman,- Gempa bumi bermagnitudo 6.1 yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang terjadi pada Jumat (27/02/2022) pagi hari telah menimbulkan kerusakan dan memakan korban jiwa. Gempa bumi yang berpusat di 0,14 derajat LU dan 99,94 derajat BT pada kedalaman 10 kilometer dan Gempa bumi susulan juga terus menerus terjadi hingga hari ini.

Dalam bencana gempa bumi yang menimpa Pasaman Barat, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi beberapa titik lokasi yang parah terdampak gempa bumi di daerah tersebut.

Dandim 0305/Pasaman sebagai Danposko tanggap daruat Bencana Letkol Kav Hery Bakty beserta Forkopimda Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat mendampingi Menko PMK Muhadjir Efendi ke Pasaman Barat dalam rangka peninjauan lokasi bencana dan penanganan korban cedera, korban pengungsi rentan (perempuan, anak, lanjut usia (lansia), disabilitas, dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok pengungsi, Kamis (03/03).

Danposko tanggap daruat Bencana Letkol Kav Hery Bakty sempat memaparkan kepada Menko PMK tentang situasi pasca bencana yang melanda wilayah Pasaman dan Pasaman Barat, tentang data jumlah pengungsi, fasilitas umum, dan rumah masyarakat yang rusak.

“kami memaksimalkan pendataan Korban, rumah masyarakat yang rusak agar pelaksanaan bantuan logistik dapat tersalur tepat sasaran,” terang Dandim

Kemudian rombongan Menteri berpindah melihat situasi keadaan pengungsi yang berada di posko MAN 4 Jorong Limpato Nagari Kajai Kecamatan Talamau, disana Menko PMK beserta rombongan memberikan bantuan kepada para pengungsi gempa bumi, setelah itu rombongan meninjau posko pengungsi di SMP Al-Azhar yang berada di Jorong Sukomenanti Nagari Aua Kuniang.

Setelah meninjau keadaan pengungsi di SMP AL-Azhar, rombongan bertolak ke kantor Bupati dalam rangka rapat koordinasi terkait penanganan pengungsi korban gempa bumi dan dilajutkan dengan press release dengan awak media.

Sebelum meninggalkan Kabupaten Pasaman Barat, Menko PMK menyempatkan diri mengunjungi camp pengungsi yang berada di halaman kantor Bupati Pasaman Barat, disana Menko PMK berinteraksi serta menghibur anak-anak yang menjadi korban gempa bumi.

Selain Dandim 0305/Pasaman, Kapolres Pasaman Barat, Menko PMK Muhadjir Efendi juga didampingi oleh Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi, Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi, S.Ag, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto.(Penrem032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: