Breaking News

Babinsa Bersama Warga Binaan, Sulap Lahan Tidur Menjadi Kebun Cabe Rawit

Padang Pariaman,-  Babinsa Koramil 03/SS Kodim 0308 Pariaman Koptu Aprisal bersama warga binaan bpk Afrizal melaksanakan penanaman cabe rawit memanfaatkan lahan tidur, bertempat di korong Sungai Tareh Nagari Balah Aie Utara Kecamatan Padang Pariaman, Kamis (4/8/2022).

Lahan milik salah seorang warga binaan (bpk Afrizal) tersebut selama ini hanya dibiarkan kosong tanpa ada manfaatnya, dengan sedikit sentuhan tangan kreatif dan usaha Babinsa Koptu Aprisal dan warga binaannya, lahan tidur tersebut bisa disulap menjadi lahan yang Produktif.

Koptu Aprisal menyampaikan bahwa, pemanfaatan lahan Tidur ini sebagai upaya mengurangi tumbuhnya rumput liar yang merusak pemandangan, disamping itu dengan ditanami lahan tidur ini jadi bermanfaat.

“Dari pada tinggal, tak terolah, lebih baik kita tanami tanaman yang bermanfaat untuk menunjang ekonomi masyarakat” tutur Koptu Aprisal

Cabai rawit termasuk dalam famili Solanaceae dan merupakan tanaman berumur panjang, Cabai rawit dapat hidup selama 2-3 tahun apabila dipelihara dengan baik dan kebutuhan akan tercukupi.

“Dilanjutkan Babinsa, budidaya cabai rawit secara umum tidak berbeda jauh dengan budidaya cabai merah, namun yang harus diperhatikan adalah jarak tanam dan pemupukannya, karena umurnya yang panjang, pemupukannya lebih banyak.

Pemilihan penananam cabe rawit ini dikarenakan tanaman cabai rawit lebih tahan terhadap penyakit dibanding cabai yang lainnya”, ungkap Babinsa.(Pendim0308)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: