Pencanangan Desa Berdikari Dan Silaturahmi Daerah Provinsi Sumbar Melalui Diskusi Kelompok Terpumpun (Implementasi Aktualisasi Pancasila Skala Mikro)

Padang,- Kegiatan Pencanangan desa berdikari dan silaturahmi daerah provinsi Sumbar melalui diskusi kelompok terpumpun (implementasi aktualisasi Pancasila skala mikro) digelar di gedung Istana Bung Hatta Kel. Bukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Jumat (19/8/2022)

Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Prakoso M.M mengatakan Kota Bukittinggi dipilih karena merupakan cerminan Minangkabau dan sebagai salah satu lokasi bersejarah dalam perjuangan Indonesia.

“Minangkabau sebagai daerah pemilik nilai historis bangsa Indonesia, banyak gagasan dan pemahaman pendiri bangsa dari sini, kami memikirkan bagaimana Indonesia menjadi lebih indah dan maju bersama-sama seindah kami melihat warga di Minangkabau ini,” kata Prakoso.

Kegiatan ini diahadiri lebih kurang 100 orang undangan diantaranya Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, SH, M.Hum, Direktur Pengembangan Satuan Pemukiman dan Pusat Satuan Kawasan Pengembangan Kementerian Desa PDTT RI Dr. H. Rosyid M.Si, MP, Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Ir. Prakoso. MM, Brigjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.Sos., M.Sc. (Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf TNI-AD), Danrem 032/Wbr Brigadir Jenderal TNI Purmanto, Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. , Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Johni Soeroto, Sulaiman Juned dan Iyuth Fitra (penyair), Narasumber Pemantik (J.J Rizal),Prof. Sardono W Kusumo (Budayawan), Prof. Tommy F Awuy (Pakar),Prof. Mukhlis Habdi, MDA (Staf husus bidang pemerintahan), Dra. Halida Nuriah Hatta, M.A (Putri Bung Hatta), Christine Hakim (aktor), Garin Nugroho (sutradara), Gol A Gong (Duta Literasi), Bupati/Walikota se-Sumatera Barat, Dandim jajaran Korem 032/Wbr, Tokoh agama, Tokoh adat, Kakan Kesbangpol se-Sumatera Barat, Staf BPIP dan Insan Pers.

Dalam membacakan sambutan Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si., Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang berdampak positif terhadap masyarakat, karena nilai-nilai dasar pancasila diharapkan dapat berkembang dan membentuk dasar perumusan kebijakan pemerintah sesuai dengan dinamika kehidupan kehidupan masyarakat dan bangsa.
“kegiatan yang kita laksanakan ini juga untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan keakraban, sinergitas serta hubungan yang lebih harmonis diantara kita bersama” ucap Danrem

Kegiatan Diskusi terpumpun dan silaturahmi daerah Provinsi Sumatera Barat ini dilaksanakan berdasarkan peraturan presiden nomor 7 tahun 2018 tentang badan pembinaan ideologi Pancasila, Peraturan presiden nomor 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020–2024, peraturan badan pembinaan ideologi Pancasila Republik Indonesia nomor 1 tahun 2018 tentang organisasi dan tata kerja badan pembinaan ideologi Pancasila dan peraturan badan pembinaan ideologi Pancasila Republik Indonesia nomor 1 tahun 2020 tentang rencana strategis badan pembinaan ideologi Pancasila 2020-2024.

Harapan dari kegiatan ini dapat menjadi energi positif bangsa dari daerah (Weltanschauung) untuk menguatkan Ideologi Pancasila dalam merawat spirit Bhinneka Tunggal Ika dalam ruang Ke-Indonesiaan dan menjadi ruang perjumpaan terbatas, terhimpun dan terstruktur Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah dengan Pemangku kepentingan Pusat serta Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berjenjang pada tingkatan Forkopimda Kab/Kota dan Kecamatan di tiap Provinsi.

Kkegiatan pencanangan desa berdikari dan silaturahmi daerah provinsi Sumbar melalui diskusi kelompok terpumpun (implementasi aktualisasi Pancasila skala mikro) selesai dilaksanakan dan selama kegiatan berlangsung aman dan tertib.(Penrem032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: