Dalam Rangka HUT ke-74 Korps Infanteri, Korem 032/Wirabraja Gelar Peleton Beranting YWPJ

Padang, – Memperingati HUT ke-74 Infanteri, Korem 032/Wirabraja gelar tradisi lepas  Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya etape pertama di Lapangan ATI Politeknik Padang, Senin (19/12/2022).

Gerak jalan Peleton beranting YWPJ untuk Wilayah Korem 032/Wbr diikuti oleh prajurit Infanteri dari Yonif 131/Braja Sakti, Yonif 133/Yudha Sakti serta Denzipur 2/ Padang Mengatas sebagai Peleton Inti, sedangkan Peleton pengantar dan Pengiring, Pamen, Pama Sat Disjan Rem 032/Wbr/ dan Pramuka. Sebelum pelaksanaan diawali cek kesehan atau Tensi oleh Tim Kesehatan lapangan Denkesyah Padang, selanjutnya melaksanakan pemanasan oleh Tim Jasrem 032/Wbr.

Acara tradisi tersebut dipimpin Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto yang diwakili oleh Perwira Staf Operasi Korem 032/Wbr Mayor Inf Ponidi  menyampaikan beberapa pengarahan, kemudian menyerahkan simbol atau panji korps Infanteri kepada peserta Tonting star pertama.

Dalam arahannya menuturkan  kegiatan tersebut merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahunnya menjelang HUT Korps Infanteri, sebagai bentuk penghormatan, penghargaan terhadap jasa para pahlawan terutama momentum untuk mewarisi nilai-nilai semangat perjuangan dan militansi Panglima Besar Jenderal Sudirman yang memiliki sikap dan sifat Keteladanan sebagai pemimpin yang rela berkorban, berjuang tanpa pamrih serta senantiasa dekat dengan rakyat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman pada saat perang Gerilya melawan penjajahan Belanda,” jelasnya.

Menurutnya,  tradisi Tonting merupakan kegiatan yang mentransformasikan nilai nilai kejuangan serta meningkatkan motivasi prajurit agar lebih pantang menyerah dan manunggal dengan rakyat, sesuai dengan tema yang diusung “Infanteri Yang Modern Dan Selalu Di Hati Rakyat”

Di akhir arahannya menegaskan agar melaksanakan tugas ini penuh dengan semangat dan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan personil maupun material, Ujarnya.(Penrem032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: