Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race Dan Tradisional Tahun 2023 Resmi Dibuka

Tanah Datar,- Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional tahun 2023 resmi dibuka oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto bertempat di Gelanggang Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Tanah Datar, Minggu (30/4/2023).

Pacu kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional tahun 2023 kali ini digelar tanggal 30 April sampai 1 Mei 2023 dan mempertandingkan 22 race dengan 50 ekor kuda dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Aceh, Kaltim dan DKI Jakarta.

Menhan dalam sambutannya mengatakan, pacuan kuda adalah olahraga yang membutuhkan keberanian. Hanya orang yang berani yang bisa naik kuda dengan baik dan cepat.

“Karena naik kuda ini satu-satunya olahraga kerja sama manusia dan kuda. Kalau tidak, bisa jatuh dan tak sampai finish,” kata Menhan.

Beliau juga mengatakan, berkuda adalah olahraga kesatria, serta berencana akan mengirim kuda ke Sumbar.

“Saya dengar rakyat Sumbar sangat berharap ada bantuan kuda-kuda pejantan. Insyaallah kalau ada umpannya dari ninik mamak atau pemda menyiapkan lahan, saya akan kirim kuda ke Sumbar. Syaratnya, kuda-kuda itu dirawat dengan baik,” katanya.

“Semoga kita melihat olahraga berkuda berkembang pesat tidak hanya di Sumbar tapi nasional. Karena akan memberikan semangat bagi pemuda. Kalau ada anak-anak muda atau joki berbakat, kirim ke Jakarta. Kita akan latih semua bidang berkuda. Semoga bisa mewakili kita di panggung nasional dan internasional,” Imbuh Menhan.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl selaku ketua Komirem 032/Wbr menyampaikan rasa bangga dan sangat memberikan apresiasi atas terselenggaranya event Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional Tahun 2023.

“Selaku Danrem 032/Wbr dan pribadi, saya sangat bangga dan mengapresiasi terselenggaranya event Pacu Kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional Tahun 2023, yang merupakan permainan anak Nagari di Ranah Minang dalam bentuk ajang lomba yang berwujud olahraga”, Ujar Danrem.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tetap antara Pemerintah Daerah Tanah Datar , Pordasi Sumbar dan Komirem 032/Wirabraja”, imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua Pordasi Sumbar Deri Asta juga memberikan apresiasi dan rasa bangga dari seluruh warga dan insan perkudaan Sumbar dengan kedatangan Prabowo Subianto.

“Dihadiri oleh pak Menhan Prabowo dan Pak Yusril membuat acara ini istimewa. Menunjukkan bukti perhatian terhadap olahraga berkuda. Pak Menhan orang yang hobi berkuda. Akan menambahkan semangat kita dalam olahraga berkuda. Semoga ada yang bisa dibantu dan dikerjasamakan,” katanya.

Turut hadir dan meramaikan kegiatan tersebut, Menhan RI Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto, Wamen Ketenagakerjaan RI Ir. Afriansyah Noor, ST.,M.Si.,IPU., Wagub Sumbar, Ketua Pordasi Sumbar, Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wbr, Danlantamal II Padang, Bupati Tanah Datar, Dandim 0307/TD, Kapolres Tanah Datar beserta Seluruh peserta Pacu kuda Tanah Datar Wirabraja Open Race dan Tradisional. (Penrem032)

About admpenrem032

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl Terima Arahan Dari Panglima TNI

Check Also

GELAR ACARA “NGOBROL BARENG”, DANREM 032/WBR BERHARAP MASYARAKAT MENGERTI LANGKAH-LANGKAH AMAN MENGHADAPI ERUPSI MARAPI

Agam,- Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl gelar kegiatan Ngobrol Bareng bersama Masyarakat, Relawan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *