Pangdam I/BB Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker RI 2 ke Wilayah Sumatera Barat

Padang,- Pangdam I/BB, Mayor Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., selaku panglima komando tugas gabungan terpadu pengamanan VVIP pimpin langsung apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin di Wilayah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat bertempat di RTH lapangan Imam Bonjol Kota Padang, Rabu (3/05/2023).

Kedatangan Wapres dan rombongan tersebut direncanakan akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 4 sampai 5 mei 2023 di wilayah Sumatera Barat, dijadwalkan pada pukul 16.45 WIB, Wapres beserta ibu menaiki pesawat Boeing 737-400 TNI AU dan lepas landas dari Bandara Sultan Thaha Provinsi Jambi menuju Bandar Udara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Apel Gelar Pasukan ini diikuti oleh seluruh pasukan yang terlibat dalam PAM VVIP baik TNI-AD dengan segenap unsurnya, TNI-AL, TNI-AU dan dari Kepolisian, Damkar, Satpol PP, dengan segala unsurnya berkekuatan 1.500 personel.

Dalam pengecekan akhir persiapan Pasukan tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E., M.Si., yang didampingi oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menjelaskan tujuan diselenggarakan apel gelar pasukan pengamanan ini adalah untuk menegaskan komitmen tugas dan mengecek secara fisik tentang kesiapan personil maupun material yang akan dilibatkan dalam pengamanan VVIP.

Juga untuk mengetahui secara langsung tentang keadaan dan hambatan yang dihadapi setiap satuan yang mendapat tugas dan tanggung jawab pengamanan dimulai dari kedatangan, selama berlangsungnya kunjungan sampai dengan kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia dan ibu Hj Wury Ma’ruf Amin.

Selaku panglima komando tugas gabungan terpadu pengamanan VVIP Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengingatkan bahwa tugas pengamanan ini merupakan tugas negara yang harus dilaksanakan dengan baik dan maksimal serta tidak boleh dianggap sebagai kegiatan rutinitas, sehingga masing-masing satuan tugas baik secara perorangan maupun satuan sudah siap melaksanakan tugas. Mampu menangkal berbagai kerawanan dan kontinjensi yang mungkin terjadi selama kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia dan ibu Haji Ma’ruf Amin di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

“Saya perintahkan kepada seluruh unsur yang terlibat dalam tugas pengamanan agar selalu bersinergi dan memahami serta mempedomani protap pengamanan VVIP, cegah terjadinya kelengahan dengan selalu meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan, pegang teguh disiplin dan pahami rantai komando, serta melaporkan bila terdapat hal-hal menonjol dan kejanggalan yang ditemukan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.” Pungkas Pangdam.

Sebelum berakhirnya Apel Gelar Pasukan Pangdam juga menekankan kepada seluruh pasukan untuk mempedomani dalam pelaksanaan tugas pengamanan nantinya agar mengerti tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, komunikasi dan koordinasi secara optimal dengan satuan dan unsur terkait serta cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan hindari kesalahan sekecil apapun selama pelaksanaan tugas pengamanan VVIP, Dansubsatgas laksanakan perencanaan dan persiapan pengamanan VVIP secara matang serta yakinkan pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wbr, Danlanud Sutan Sjahrir, Danlantamal, serta segenap Unsur Forkopimda Sumatera Barat.

About admpenrem032

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl Terima Arahan Dari Panglima TNI

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *