Wujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat, TMMD Ke – 118 Kodim 0309/Solok Resmi Dibuka

Solok,- Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl menghadiri Upacara pembukaan TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke – 118 Kodim 0309/Solok tahun 2023 bertempat di lapangan bola Nagari Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Rabu (20/9/2023).

Adapun Tema TMMD ke – 118 Kodim 0309/Solok adalah “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI – rakyat semakin kuat”.

Kegiatan TMMD ini direncanakan berlangsung selama 30 hari, dimulai dari tanggal 20 September 2023 s/d 19 Oktober 2023 dengan melibatkan personil TNI, Polri, Pemda, Instansi terkait dan Masyarakat sekitar.

Pada acara pembukaan, diawali dengan laporan Dansatgas Letkol Inf Novi Aji Satrio, S.E., M.Si., dilanjutkan penandatangan naskah dan pernyataan secara resmi pembukaan TMMD ke – 118 serta pemukulan Gong oleh Inspektur Upacara.

Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa program TMMD merupakan program operasi bakti TNI yang terpadu dan berkelanjutan guna membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat ke arah yang lebih baik dan mandiri.

“Program TMMD ini bukan hanya meminimalisir persoalan kemiskinan melalui pembangunan sarana fisik maupun non fisik, tetapi juga eksis membangunkan semangat dan menjaga kekompakan terhadap masyarakat dalam mengelola potensi daerah yang dimiliki”, jelasnya.

Bupati menilai program perpaduan antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat selama ini telah membangun banyak infrastruktur secara fisik maupun non fisik yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Diharapkan, dengan adanya program TMMD di nagari Tanjung Alai taraf kehidupan masyarakat semakin berkualitas mandiri memiliki spiritualitas tinggi kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat’, pungkasnya.

Ditempat yang sama, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Rayen Obersyl menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya kedepan, ada beberapa titik yang menjadi target pembangunan fisik pada TMMD ke – 118, diantaranya pembukaan jalan sepanjang 1,1 Km, lebar 6 m dan pengerasan badan jalan berupa agregat kelas C serta rehabilitasi RLTH sebanyak 5 unit.

“Kemudian ada beberapa sasaran nonfisik melalui berbagai penyuluhan dan pelatihan”, ungkap Danrem.

Danrem 032/Wbr juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Nagari Tanjung Alai dapat bekerjasama dengan TNI dan seluruh instalasi yang ada di wilayah kabupaten Solok.

“Saya tentu berharap kepada seluruh masyarakat dapat bekerjasama dengan saling mendukung dan bersinergi bersama, agar kegiatan TMMD ini dapat berjalan lancar dan sukses”, jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Danrem 032/Wbr beserta istri, Kasiter dan Kasiren Korem 032/Wbr, Bupati dan para Kepala Dinas Kabupaten Solok, Dandim 0309/Solok, Kasdim 0312/Padang, Dandim 0307/Tanah Datar serta perwakilan organisasi kemasyarakatan.(Penrem032)

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *