Sukseskan Harganas Ke 27, Kasrem 032/Wbr Dampingi Gubernur Sumbar Tinjau Langsung Pelayanan Sejuta Akseptor KB

Korem 032 – Sukseskan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 27, yang diperingati pada tanggal 29 Juni 2020. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Komando Resor Militer 032/Wirabraja menggelar pelayanan sejuta akseptor KB di seluruh wilayah Provinsi Sumbar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Staf Korem 032/Wbr Kolonel Inf Amrizen mewakili Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, MM., turut hadir mendampingi Gubernur Sumbar Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc., saat melakukan peninjauan pelayanan KB di Rumah Sakit TK III Reksodiwiryo Padang, pada Senin (29/6/2020).

Pelayanan sejuta akseptor KB ini, dilaksanakan secara serentak di 19 Kabupaten/Kotamadya Provinsi Sumbar, dengan target 17.388 peserta akseptor. Dimana para Babinsa dari Kodim Kodim jajaran Korem 032/Wbr turut dilibatkan dalam mengerahkan dan memotivasi warga binaan untuk melaksanakan pelayanan sejuta akseptor KB tersebut.

Sedangkan untuk wilayah Kota Padang, pelaksanaannya melibatkan 2 unit Rumah Sakit, salah satunya RST TK III Reksodiwiryo Padang, dengan melakukan pemasangan IUD, Implant maupun suntik, yang diikuti sebanyak 148 peserta akseptor. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat dikonfirmasi awak media menyampaikan bahwa kegiatan pelayanan KB ini merupakan salah satu program Pemerintah Daerah Provinsi Sumbar melalui BKKBN Provinsi Sumbar guna memberikan pelayanan KB kepada masyarakat yang membutuhkannya, dalam mencegah maupun merencanakan kehamilan.

“KB saat ini bukan hanya kebutuhan alat kontrasepsi saja, tetapi juga sudah meluas konsepnya dengan upaya menciptakan Keluarga yang berkualitas,” tutur Gubernur.

Adapun pelaksanaan pelayanan ini dalam rangka memperingati Harganas Ke 27, yang dilakukan secara serentak diseluruh Rumah Sakit dan Puskesmas di Provinsi Sumbar. Dengan target pada hari ini sebanyak 17.388 orang akseptor,” ungkap Irwan.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Ir. Etna Estalita, M.Si. menjelaskan bahwa kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor merupakan arahan dari BKKBN Pusat, pada momentum Harganas Ke 27 tahun 2020 ini dan akan dicatat dalam rekor MURI sebagai jumlah pelayanan KB serentak di seluruh Indonesia, jelas Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar.

Lebih lanjut, Karumkit Tentara TK III Reksodiwiryo Padang Letkol Ckm dr. Syahrial, Sp.B., mengungkapkan bahwa dalam hal ini kita dari TNI AD prinsipnya mendukung sepenuhnya acara pelayanan KB serentak ini dengan menyediakan fasilitas tempat pelayanan. TNI dalam hal ini mengapresiasi langkah BKKBN yang terus berupaya dalam menciptakan Keluarga yang berkualitas sehingga nantinya bisa menghasilkan bangsa yang tangguh, ungkap Karumkit.

Turut Hadir dalam kegiatan pelayanan KB tersebut, Gubernur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc., didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Ir. Hj. Etna Estelita, M.Si, Kapolda Sumatera Barat diwaliki oleh Kabiddokkes Kombes Pol. dr. Sucipto, Dandenkesyah 01.04.04 Padang Letkol Ckm Yurizal, SKM., Karumkit Reksodiwiryo, Letkol CKM dr. Syahrial,  Kepala DPPKBKPS Provinsi Sumatera Barat, Irwan S.Sos, MM., beserta tim lainnya. (Pen 032)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: