Meningkatkan Produktivitas Tanaman dan Resiko Kerugian, Babinsa Bersama Petani Lakukan Pemeliharaan Tanaman Tumpang Sari

Solok- Serda Asrizal Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, bersama masyarakat melaksanakan kegiatan perawatan pepaya madu dan cabe rawit dengan luas lahan 1200 M, yang bertempat  di Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Selasa, 31 Oktober 2023.

Dalam budidaya tanaman tak lain yaitu ingin mendapatkan hasil panen yang berlimpah serta untung besar. Harapannya, dengan mendapatkan panen yang memuaskan bisa balik modal dan meraup keuntungan besar. Hal yang biasa dilakukan petani untuk mendapatkan untung dua kali lipat yaitu melakukan pola tanam dengan cara sistem tumpangsari.

Disela kegiatannya, Babinsa menyampaikan untuk perkembangan tanaman sistim tumpang sari sekarang ini sudah berjalan selama 5 bulan dengan melakukan perawatan cabe pemberian tiang penyangga dan pemupukan tanaman pepaya.

“Kelebihan yang dirasakan petani dengan cara pola tanam tumpangsari adalah bisa meningkatkan produktivitas tanaman dan resiko kerugian akan berkurang karena penanaman akan saling menutupi pengeluaran dalam pendapatan para petani,” ujar Serda Asrizal.

Lanjutnya, akan tetapi dibalik kelebihan tersebut pasti ada kelemahan dengan sistem tumpangsari yaitu persaingan unsur hara antar tanaman yang ditanam. Semakin banyak tanaman yang kita tanam tentu kebutuhan nutrisi juga akan meningkat.

“Untuk itu lah, kami sebagai Babinsa akan terus berusaha memberikan pendampingan dan membantu dalam pemeliharaan mulai dari awal proses pengolahan sampai dengan panen nanti,” ungkap Babinsa.

Dalam hal ini, pendampingan yang dilakukan terhadap pertanian hanya berfokus untuk satu tujuan, “Meningkatkan Swasembada Pangan Di Wilayah dan Mensejaterahkan Kehidupan Petani,” tutupnya.( Pendim 0309 ).

About admpenrem032

Check Also

Danrem 032/Wbr Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

Padang – Untuk memastikan kesiapan prajurit dalam mengamankan serta menyukseskan Pemilu 2024 di Wilayah Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *