Demplot Ketahanan Pangan Program BIOS 44 Kodim 0307/TD Panen Raya

Korem 032 – Kodim 0307/Tanah Datar lakukan Panen Raya Padi  Demplot Ketahanan Pangan Program BIOS 44 bertempat di Jorong Ampaleh Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar.Jumat (1/11)

Luas lahan yang di panen adalah 0,25 Hektar dengan hasil ubinan (cetakan) plot 2,5 x 2,5 m yang menghasilkan berat gabah 5,5 kg dari survey 80 rumpun. Jadi jumlah hasil panen  konversi/ hektar 8,8 ton dari yang sebelumnya hanya mendapat hasil 5.3 ton. Dengan varietas padi Junjuang. Hal ini disampaikan oleh hasil survey dari pengawasan PPL Bapak Noviansyah UPT Pertanian Kecamatan Tanjung Baru.

Ketua kelompok Tani Kecamatan Tanjung Baru Yasril  menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada Kodim 0307/TD dengan adanya program Bios 44 ini dapat memberikan dampak yang sangat baik untuk hasil panen padi masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih dengan adanya program Bios 44 ini yang sangat berdampak pada peningkatan hasil pertanian masyarakat”, ungkapnya.

Pada kesempatan ini Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya program Bios 44 ini dalam hal untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Dandim juga mengatakan, Bios 44 ini jika dilihat dari efisiensi penggunaannya dan juga biaya sangat murah disamping memiliki keunggulan tidak hanya untuk pertanian saja.

“ Kalau dihitung dengan rupiah Bios 44 ini sangat murah dibanding jika menggunakan pupuk kimia untuk pertanian. Bios ini juga memiliki keunggulan tidak saja hanya untuk pertanian tetapi dapat diterapkan juga untuk peternakan, perikanan serta bisa juga digunakan untuk merestorasi lahan yang tandus”, jelas Letkol Inf Edi S Harahap.

Lebih lanjut disampaikan oleh Dandim, untuk Bios 44 ini memang belum ada diperjual belikan secara bebas di pasar.Kalau kelompok tani ingin mendapatkannya silahkan koordinasikan saja langsung melalui Koramil setempat, terang Dandim menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat mengapresiasi dan mendukung program penggunaan Bios 44 yang diterapkan oleh Kodim 0307/TD ini.

Seperti apa yang dikatakan oleh Bupati Tanah Datar dalam sambutannya yang diwakili oleh Kadis Pertanian Kabupaten Tanah Datar Yulfiardi menyampaikan, ada beberapa upaya untuk meningkatkan hasil panen produksi pertanian dengan merubah kebiasaan dan menambah teknologi didalam pertanian. Program Bios 44 ini adalah salah satu program yang mendukung dan membantu program dari pemerintah daerah dalam meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional.

Kabupaten Tanah Datar dan umumnya di Sumbar sudah tidak mungkin lagi untuk menambah mencetak sawah baru untuk lahan persawahan. Dengan luas wilayahnya yang sangat sempit ini. Untuk itu kita para petani dan penyuluh pertanian hanya dapat meningkatkan hasil panen dari produksi pertanian tersebut, demukian disampaikan oleh Yulfiardi.

Hadir Dalam acara tersebut,Bupati Kab Tanah Datar diwakili oleh Kadis Pertanian Kab Tanah Datar Yulfiardi, Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap,S.Pd.,M.I Pol., Kabid Pertanian Kab Tanah Datar Ibu Yel, Camat Tanjung Baru beserta perangkatnya, Plh Danramil 09/SLP Serma Syawaluddin, Danramil 10/STR Kapten Inf Rifeni, Kapolsek Tanjung Baru Ipda Evi Hendri Susanto, Ketua Persit KCK Ranting Kodim 0307/TD ibu Bulan Edi S Harahap beserta pengurus, Personel Koramil 09/SLP dan Koramil 10/STR,  Wali Nagari se Kecamatan Tanjung Baru, Ketua KAN Kecamatan Tanjung Baru, Perwakilan Kelompok Tani Kecamatan Tanjung Baru,  Ninik mamak Bundo Kanduang dan masyarakat Nagari Tanjung Alam.(Pen 032)

 

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: