Breaking News

Babinsa Koramil 01/Kota Solok Amankan Kegiatan Pawai 1000 Obor

Solok,- Personel Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, Sertu Joni Putra menghadiri kegiatan pawai 1000 obor, Sabtu (30/7/2022).

Ajang ini dalam rangka Memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1444 H di sawah Liyai RT 01/05 Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Pawai 1000 obor ini dengan berjalan kaki dari Kelurahan Tanah Garam mengelilingi Kota Solok.

Finish-nya kembali Ketanah Garam yaitu di Rimbo Barantai RT 02/05.

Tahun Baru Islam merupakan peristiwa bersejarah umat Islam yang selalu di peringati setiap tahun.

Pada pembukaan, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana menyampaikan, pawai 1000 obor ini merupakan momen memperingati hari Tahun Baru Islam. Dalam rangka meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Titik balik peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam merujuk kepada perjalanan Rasulullah Muhammad SAW.

Tepatnya ketika melakukan hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.

Sementara itu, Sertu Joni Putra mengatakan, proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah.

Di antaranya, setiap manusia di masa sekarang harus melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik.

“Sehingga peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir batin.”

“Ini tentunya bagi orang-orang yang berakal, tidak hanya sekadar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa makna besar bagi umat,” ujarnya.(Pendim0309)

About admpenrem032

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: